Kawaii Beauty Japan

Featured

Inilah Potensi Indonesia Dalam Industri Hijab Fashion

Sudah dari beberapa tahun lalu, nama Indonesia sering disebut dalam mencari referensi tren terbaru dalam busana muslim dan hijab. Seperti apakah perkembangan fashion hijab di Indonesia?

Me Siang

Sudah dari beberapa tahun belakangan, nama Indonesia sering disebut dalam mencari referensi tren terbaru dalam busana muslim dan hijab. Pada tahun 2015 ini, sepertinya perkembangan pasar busana muslim dan hijab semakin berkembang pesat dibandingkan negara muslim lainnya. Gairah kreativitas wanita muslim di Indonesia dalam berbusana muslim dan berhijab mengundang mata dunia ‘melirik’ Indonesia sebagai pusat tren. Desain busana muslim semakin beragam dan fashionable.

Jika dahulu anggapan seorang wanita memakai busana muslim dan hijab terkesan seperti terlihat lebih tua dari umurnya kini wanita muda yang memakai jilbab dan busana tertutup terlihat cantik, tetap gaya, dan bersahaja. Sebut saja beberapa nama wanita muda yang telah berhijab dan gayanya menjadi inspirasi wanita lainnya seperti Laudya Chintya Bella, Dewi Sandra, Zaskia dan Shireen Sungkar, Risty Tagor, Zaskia Adya Mecca dan beberapa blogger berhijab seperti Shella Alaztha, Rizki Amelia Oey, Qonitah al-Jundiah, Dwi Handayani.

BACA JUGA: Inspirasi Fashion, Tetap Cantik dan Bergaya dengan Menggunakan Hijab

Bahkan hampir semua nama yang disebutkan tadi mengeluarkan clothing line busana muslimnya sendiri. Desainer Ivan Gunawan, Dian Pelangi, Barli Asmara, Ria Miranda, dan Mel Ahyar yang bekerja sama dengan penyanyi Andien juga memiliki peran besar dalam perkembangan industri busana muslim di Indonesia. Tentu saja hal ini akan membuat Indonesia melaju pesat dalam mempromosikan tren terkini, dengan adanya bantuan dari sosial media.

Wanita Indonesia dalam menggunakan jilbab sangat kreatif, dari satu kerudung bisa dikreasikan tujuh sampai sepuluh model. Apalagi Indonesia yang memiliki keragaman budaya dan tradisi yang beragam, wanita Indonesia bisa mengaplikasikan kain-kain tradisional menjadi busana muslim yang unik dengan desain yang modern.

BACA JUGA: Jilbab Paris Untuk Ke Kantor, Why Not?

 

A photo posted by @dewisandra on Apr 11, 2015 at 6:52am PDT

Kain tenun dari Lombok yang memilki warna-warna terang yang menarik.

Di Jambi saja terdapat 81 jenis tekluk (penutup kepala). Solo, Flores, Lombok, Bali, Papua juga memiliki banyak jenis kain tenun yang  masing-masing nya memiliki filosofi. Meskipun begitu banyak hijab dengan kreasi baru dan desain busana muslim yang lebih modern, pemakaian dan rancangannya tidak keluar dari pakem. Adanya beberapa aturan menggunakan busana muslim, diantaranya tidak transparan, tidak membutuk lekuk tubuh, menutup aurat, dan dikenakan sesuai tempat dan waktu.

Kamu bisa mencontek berbagai gaya hijab para selebriti dan blogger berikut sebagai inspirasi fashion hijabmu:

Tampil sederhana dengan warna serba putih

 

A photo posted by Shella Alaztha (@shellaalaztha) on Jul 15, 2015 at 5:12am PDT

Loose shirt dipadu dengan sepatu platform tebal untuk memberikan kesan yang edgy

 

A photo posted by @dewisandra on Apr 17, 2015 at 10:10pm PDT

Jilbab yang menjuntai akan membantu memberikan efek badan terlihat lebih slim dan jenjang

Jilbab dengan pinggiran renda memberikan kesan mewah dan anggun

 

A photo posted by happa official (@happaofficial) on Jul 5, 2015 at 12:47am PDT

Busana muslim tidak selalu harus memakai kaftan. Kombinasikan dengan blazer dengan detail tangan model puff dan gaya jibab yang hippie cocok untuk karaktermu yang unik.

 

Kaftan dengan detail layer dan gradasi warna membuat kamu menjadi pusat perhatian.

Warna-warna pastel akan memberi kesan yang teduh dan feminin.

Bergaya dengan hijab tidak membuatmu ketinggalan zaman, ladies! Banyak cara yang dapat kamu coba untuk tetap tampil modis dengan hijab. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Menjaga Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

Tagged in:
Share this article

Artikel Terkait