Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Jaga Makananmu Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

Tubuh manusia mengandung 70% air, tapi seringkali kamu lupa untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang satu ini saat puasa, sehingga mudah merasa haus di saat menjalankan puasa.

Yenni Octavia

Saat bulan puasa, rasa haus dan lapar tentu tidak bisa dihindari, apalagi kita harus tetap beraktivitas seperti biasa dibawah terik matahari. Meski tidak bisa dihindari, rasa haus bisa kamu kurangi dengan mengatur makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka.

Usahakan konsumsi air kamu tetap cukup meskipun bulan puasa, karena manusia membutuhkan banyak cairan dalam tubuhnya. Kurangnya asupan air akan menyebabkan dehidrasi atau menimbulkan hal lain seperti pusing, kulit kering, atau sembelit.

Lalu bagaimana agar kamu bisa tetap menjaga kebutuhan air dalam tubuh tanpa mengganggu ibadah puasa? Coba ikuti beberapa tips berikut ini di bulan puasa:

Tetap Minum 8 Gelas Sehari

Untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh, usahakan tetap mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari. Lakukan secara berkala dari waktu berbuka puasa sampai waktu imsak.

Tapi jangan konsumsi minuman dalam jumlah banyak sekaligus, ini justru akan membuat kamu merasa mudah haus di siang hari.

Mungkin kamu bisa mengikuti pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas di malam hari sampai sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur. Konsumsi air putih yang cukup akan menjaga kamu dari rasa haus dan dehidrasi, serta menjaga kulitmu tetap lembab.

Konsumsi Buah dan Sayuran Segar

Buah dan sayuran memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama saat berpuasa.

BACA JUGA: Ini Dia 43 Superfood yang Harus Ada dalam Menu Makananmu!

Buah dan sayuran juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna, sehigga bisa membantu kamu terhindar dari rasa haus dan lapar saat berpuasa.

Kamu juga juga bisa mengkonsumsi buah dalam bentuk jus, tapi ingat jangan tambahkan gula sebiasa mungkin.

Hindari Makanan Pedas

Buat kamu para pecinta sambal, coba deh untuk mengurangi konsumsi makanan pedas saat berbuka maupun sahur.

Makanan pedas akan banyak menyerap banyak cairan tubuh, sehingga akan membuat kamu gampang merasa haus.

Kurangi Makanan Asin

Agar tidak mudah haus saat puasa, sebaiknya kamu juga mengurangi penggunaan garam pada makanan kamu atau kurangi konsumsi makanan asin.

Makanan asin akan meningkatkan kebutuhan air dalam tubuh kamu.

Selama bulan puasa, usahakan banyak minum air putih atau air mineral dibandingkan minuman lainnya yang mengandung gula atau kalori yang tinggi.

BACA JUGA: 4 Cara Membuat Kopi Jauh Lebih Sehat

Nah ladies, kurangi juga berbukan dengan air es karena bisa menyebabkan kontraksi pembuluh darah atau gangguan pencernaan.

BACA JUGA: Kurangi Minum Air Es setelah Makan Karena Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Meski tidak bisa dihindari, setidaknya kita bisa mengurangi rasa haus saat berpuasa dan tidak mengganggu aktifitas serta ibadah yah ladies. Selamat berpuasa! 

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy