Foto Cara Tepat Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh di Bulan Puasa

Cara Tepat Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh di Bulan Puasa

Saat puasa, tubuh kita cenderung kekurangan air dan dehidrasi, simak tips berikut agar cairan tubuh tetap terpenuhi sepanjang hari!

Cairan tubuh merupakan hal yang sangat penting agar tubuh kita tetap segar. Tetapi saat berpuasa, banyak dari kita yang lupa untuk mengkonsumsi jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Perharinya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan, terutama air putih, setidaknya 8-10 gelas. Pada saat puasa hal ini mungkin akan lebih sulit dilakukan karena pada siang hari kita tidak boleh mengkonsumsi makanan maupun minuman.

Walaupun begitu kita harus tetap menjadi asupan cairan agar tubuh tidak dehidrasi. Kamu bisa mencoba untuk mengatur waktu minum, supaya setidaknya kita tetap mengkonsumsi delapan gelas air perharinya saat berpuasa. Banyak pakar gizi yang menyarankan pola minum 2+2+4 saat berpuasa. Yaitu 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa dan 4 gelas menjelang tidur.

BACA JUGA: 7 Manfaat Dahsyat Minum Air Putih di Pagi Hari

Jika kamu kesulitan untuk mengkonsumsi air dalam jumlah banyak sekaligus, kamu juga bisa memisah-misahkan sendiri pola ini. Seperti misalnya dua gelas saat sahur kamu bagi menjadi satu gelas sebelum makan sahur dan satu gelas lagi setelah makan sahur, begitu pula saat berbuka puasa. Dan empat gelas setelahnya cukup kamu jarak setengah jam sampai waktu tidur (misal jam 7, 7.30, 8, dan 8.30). Bila perlu bawa botol minummu jika kamu melakukan tarawih di masjid.

Tapi, upayakan juga agar kamu minum dalam jumlah banyak sebelum makan atau dalam kondisi perut kosong. Hal ini dapat membuat perut kita lebih nyaman, tidak begah atau berat. Jika kita menfokuskan minum setelah makan, terutama setelah makan besar, perut kita akan terasa begah dan berat. Lalu makanan juga jadi lebih sulit dicerna karena efektifitas enzim yang berkurang.

Selain mengatur pola minum, ada baiknya juga kalau kamu menghindari minuman yang berefek diuretik seperti teh dan kopi. Minuman yang manisnya tidak alami (dari gula atau pemanis buatan) dapat membuat cairan tubuh kita cepat terkuras dan membuat kita cepat merasa haus. Kamu bisa mengganti minuman manis dengan jus buah tanpa gula atau konsumsi buah-buahan yang manis, berair dan segar, seperti semangka atau melon.


Jadi girls, jangan lupa untuk mengatur pola minum mu ya! Usahakan lebih banyak minum air putih ketimbang minuman lainnya agar tubuh tetap terhidrasi saat puasa!

BACA JUGA: Hindari Konsumsi Air Berlebih Sebelum dan Sesudah Olahraga Agar Tidak Overhidrasi

Artikel Selanjutnya

Foto Cut Auzola Azalia

Cut Auzola Azalia

A weirdo who wants to share her knowledge about beauty, lifestyle and stuff. A psychology student who stuck with thesis, a beauty blogger in other life, makeup and skin care junkie, a Disney lover, a princess freak, and a girl who interested in the world of cosplay. Reach me by email at [email protected]

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini