Foto Dapatkan Kulit Cantik dan Sehat dengan Terapi Garam

Dapatkan Kulit Cantik dan Sehat dengan Terapi Garam

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Garam untuk kecantikan, kok bisa? Ya, garam ternyata bisa diubah menjadi partikel-partikel berukuran sangat kecil yang dapat dihirup dan sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh.

Saat ini memang banyak ahli gizi yang memperingatkan kita akan bahaya terlalu banyak mengkonsumsi garam, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Namun tahukah kamu, baru-baru ini ternyata sedang populer teknik perawatan kulit menggunakan garam. Nah lho, jadi mana yang benar ya?

Manfaat Terapi Garam Untuk Kecantikan Kulit Dan Kesehatan Tubuh

Tidak perlu khawatir, karena perawatan kulit dengan garam ini tidak mengharuskanmu mengkonsumsi garam. Perawatan kulit ini dilakukan dengan menggunakan dry-salt bed. Kamu hanya perlu berbaring di atas tempat tidur yang sudah diselubungi dengan plastik, kemudian ada mesin kecil yang akan mengalirkan partikel-partikel garam ke dalamnya.

Dry salt bed
http://www.saltbeds.com/

Partikel-partikel garam tersebut berukuran mikroskopis dan dipilih dari grade medis, alias bukan garam biasa. Garam dari jenis ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Mulai dari menyembuhkan asma dan alergi, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan atletis, hingga mempercantik kulit.   

Jadi, rahasia terapi garam ini adalah dengan menghirupnya, bukan memakannya.

Ulle Pukk, salah satu pendiri the Salt Therapy Association mengatakan bahwa garam memiliki manfaat yang luar biasa. Garam bisa berperan sebagai antivirus, antimikroba, dan anti jamur. Pukk  adalah salah satu yang mempopulerkan halotherapy atau terapi garam ke Amerika. Terapi garam ini sudah terlebih dahulu populer di Eropa.

BACA JUGA: Spa yang Satu Ini Dianggap Kontroversial Karena Bahannya, Apa Sih?​

Menggunakan alat yang disebut dengan halo-generator, mesin ini menggiling garam hangat menjadi partikel-partikel sangat kecil yang dapat dihirup, kemudian mengalirkannya ke dalam ruang tertutup atau sering disebut juga salt room.

Garam kering yang berukuran sangat kecil tersebut akan masuk ke dalam paru-paru, dan menyerap kotoran-kotoran di dalamnya. Garam itu juga akan mengencerkan lendir di dalam paru-paru sehingga racun bisa keluar bersamaan dengan dahak. Ketika paru-parumu bersih, oksigen yang masuk ke dalamnya pun semakin banyak. Ini akan memberimu lebih banyak energi dan meningkatkan kerja organ-organ yang lainnya.

Terapi Garam Aman, Tanpa Efek Samping

Ellen Patrick dari Breathe Easy spas di Amerika menyampaikan bahwa terapi garam ini tidak memiliki efek samping, bahkan bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Di Amerika sendiri, saat ini sudah ada lebih dari 150 salt room. Terapi garam ini dapat dilakukan secara individual menggunakan salt bed atau berkelompok tanpa harus menanggalkan pakaian. Setiap sesi bisa berlangsung selama 45 menit.  

BACA JUGA: 7 Manfaat Dahsyat Minum Air Putih di Pagi Hari

Sedikit berbeda dengan salt room, salt bed menawarkan proses yang lebih cepat dan intensif, serta bisa menjangkau lebih banyak area kulit. Setelah 20 menit, kulit menjadi sedikit asin dan lebih lembut. Dendy Engelmen, ahli dermatlogi dari New York memberitahukan manfaat dari terapi garam ini antara lain adalah mengatasi eksim dan jerawat, serta membuat kulit lebih bercahaya dalam sekejap.

Relaksasi Dengan Terapi Garam

Salt cave

Banyak dokter yang mengakui manfaat dari terapi ini, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Patrick menjelaskan bahwa partikel garam memancarkan ion-ion negatif yang membuat tubuh rileks, tidak seperti ion-ion positif yang dipancarkan melalui hp dan komputer kita yang justru mengganggu sistem saraf.

Di salah satu spa di New York bernama La Casa Day Spa, melakukan proses sauna dengan mengkombinasikannya dengan terapi garam Himalaya. Jane G, Goldberg, pemilik sauna tersebut mengklaim bahwa cara itu akan memperbaiki kulit, serta mempermudah ion-ion negatif masuk ke dalam paru-paru dengan panas yang ada di dalam ruang sauna.

Goldberg juga merekomendasikan berendam selama satu jam dengan garam Epsom, yang diklaim bisa membuang racun dari dalam tubuh melalui kulit, serta merilekskan otot dan meringankan rasa sakit. Sepertinya terapi yang satu ini patut dicoba, Ladies!

BACA JUGA: Uniknya Berbagai Jenis Spa di Jepang

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani