Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Ini Kata Keringat Tentang Tubuhmu

Tubuh yang berkeringat terkadang membuat kita menjadi tidak nyaman. Meskipun keringat merupakan bagian dari proses metabolisme tubuh, apa lagi yang bisa ketahui dari keringat?

Meydiana Widyaningsih

Terkadang kamu kesal ketika makeup mu luntur akibat berkeringat? Atau kamu jengkel jika pakaian kerjamu basah karena keringat di siang hari? Bahkan, kamu mengalami bau badan yang sangat mengganggu karena berkeringat? 

Sebenarnya, keringat memiliki peran yang sangat penting dalam proses metabolisme tubuhmu, terutama berperan sebagai pengatur suhu tubuhmu agar tetap normal. Selain itu, masih banyak hal yang bisa kamu ketahui dari keringat karena melalui keringat, kamu bisa mengetahui sesuatu tentang tubuhmu. Apa sajakah itu?

Kehamilan atau Menopause

Kalau kamu merasa tubuhmu selalu berkeringkat meskipun kamu sudah berdiri di depan kipas angin atau pendingin ruangan, mungkin saja tubuhmu sedang mengalami perubahan fisik seperti mungkin saja kamu sedang hamil atau akan mengalami menopause. Hal ini bisa terjadi karena kelenjar endokrin akan mengalami reaksi ketika sedang terjadi perubahan fisik dari tubuhmu, dan hal ini akan mendorong endokrin untuk memproduksi keringat menjadi lebih banyak dari biasanya. 

BACA JUGA: Hamil Makan Pedas Bahaya Gak Ya?

Indikator Stres

Kamu pernah mengalami bau ketiak karena keringat yang berlebihan sepanjang hari, padahal cuaca sedang tidak begitu panas? Itu bisa menjad tanda bahwa kamu mengalami stres, karena jika kamu stres, kelenjar apokrin akan memproduksi keringat yang mengandung air dan garam. Keringat seperti ini hanya muncul di sekitar area ketiakmu dan inilah yang memicu bau ketiak di tubuhmu karena keringat jenis ini yang menimbulkan bakteri penyebab bau badan. 

BACA JUGA: Stres dan Jerawat? Apa Hubungannya?

Gejala Emosi 

Berdasarkan hasil sebuah survey, keringat bisa menunjukkan gejala emosi yang sedang kamu rasakan. Jika seseorang melihatmu berkeringat ketika sedang menonton film horror, itu menunjukkan bahwa kamu sedang merasa ketakutan. Begitupun sebaliknya, kalau kamu sampai berkeringat ketika sedang tersenyum dan tertawa, itu menunjukkan bahwa kamu benar-benar sedang bahagia. 

Heatstroke

Kamu pernah merasa kepalamu pusing ketika sedang berkeringat di saat cuaca sedang panas? Itu bisa menjadi indikasi kalau kamu terkena penyakit heatstroke.Hal ini terjadi karena tubuhmu mengalami anhidrosis yaitu hilangnya kemampuan tubuh untuk berkeringat secara normal. Masalah ini juga bisa menjadi berbahaya jika kamu juga mengalami dehidrasi. Jika kamu sudah merasa kepalamu pusing dan badanmu lemas ketika sedang berkeringat di siang hari, sebaiknya kamu segera masuk ke dalam ruangan yang suhunya cukup dingin dan minumllah air putih yang cukup supaya kamu bisa terhindar dari gejala heatstroke dan dehidrasi.

BACA JUGA: Waspadai 4 Gejala Dehidrasi Ringan Ini!

Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy