Foto Ternyata Tidak Boleh Berlebihan Melakukan 3 Kegiatan Menyehatkan Ini!

Ternyata Tidak Boleh Berlebihan Melakukan 3 Kegiatan Menyehatkan Ini!

Foto Kasih Elia LG
Apapun yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik. Bahkan kegiatan yang diklaim dapat menyehatkan sekalipun. Penasaran kan apa saja? Baca artikel ini, yuk!

Banyak sudah orang bijak dan tokoh-tokoh terkenal mengatakan, kalau apapun yang dilakukan, digunakan, dikonsumsi secara berlebihan itu tidak baik. Keseimbangan dan keteraturanlah yang penting.

Nah, ternyata, hal yang sering dilakukan orang secara berlebihan kebanyakan adalah kegiatan menyehatkan yang sangat mendasar di kehidupan kita. Kenapa bisa begitu? Alasannya simpel. Justru karena hal tersebut sangat mendasar, dan terasa penting, jadi dilakukan terus menerus, tanpa memonitor seberapa banyaknya hal tersebut dilakukan.

Anehnya, pertanyaan-pertanyaan yang juga sederhana seperti “Sudah cukup atau belum?” atau “Berlebihan atau tidak?” jarang sekali ditanyakan pada diri sendiri karena terlalu fokus pada manfaat baiknya, tanpa memikirkan akibat buruk akibat terlalu banyak melakukannya.

Jadi, apakah kegiatan menyehatkan yang kerap kali latah kita lakukan secara berlebihan itu? Yuk, kita cek satu-satu!

Berlebihan Minum Air Putih

Minum air putih memang kebutuhan yang sangat-sangat mendasar bagi kita semua. Tentu saja, saran dokter untuk minum air minimal dua liter atau delapan gelas sehari masih perlu kamu patuhi. Belum lagi, kalau kamu termasuk orang-orang yang sehari-harinya aktif berkeringat, seperti orang yang bekerja di pabrik, atlit, maupun pekerja lapangan, pasti membutuhkan lebih dari dua liter air sehari.

Tapi, tahukah kamu, kalau ternyata kelebihan air dapat menyebabkan keracunan air, yang disertai dengan tanda-tanda seperti mual dan rasa ingin muntah. Kelebihan air, membuat kandungan sodium dalam cairan tubuh berkurang dan menghasilkan elektrolit berlebih di dalam darah sehingga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan pusing-pusing, bahkan bisa jatuh pingsan.

Sebaiknya: Kamu belajar mencatat atau mengingat, sudah berapa gelas air yang kamu minum hari ini, apa saja kegiatanmu, seberapa sering kamu berkeringat, dan seberapa sering kamu buang air kecil. Ketika berat badan kamu berubah, kebutuhan air tubuhmu juga berubah, jadi pintar-pintar menyesuaikannya ya.

BACA JUGA: Ini Dia Waktu Terbaik Minum Air Putih agar Lebih Sehat!

Berlebihan Konsumsi Suplemen/Vitamin

Suplemen atau vitamin dalam bentuk tablet yang sekarang banyak dijual bebas memang sangat membantu buat orang-orang modern seperti kamu yang aktivitasnya sangat berlebih. Orang-orang sesibuk kamu tentunya pantang sakit karena akan membuat pekerjaan semakin menumpuk. Jadi, minum suplemen dan vitamin memang jalan keluar yang kelihatannya baik.

Sayangnya, kelebihan vitamin tertentu, dapat meracuni tubuh kamu. Contohnya seperti kelebihan vitamin A, yang biasanya tersimpan di dalam lemak, dapat menyebabkan pertumbuhan tubuh kamu jadi kurang normal atau tidak sehat.

Sebaiknya: patuhi anjuran minum yang terdapat dalam kemasan. Atau untuk lebih amannya lagi, sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen apapun, sempatkan dirimu mengunjungi dokter untuk meresepkan secara tepat jumlah vitamin dan suplemen yang dibutuhkan tubuh kamu.

Berlebihan Dalam Berolahraga

Olahraga memang penting. Belum lagi, efek setelah berolahraga memang sangat menyegarkan dan menyehatkan bagi tubuh. Untuk yang sayang dengan tubuh, pasti sangat senang berolahraga karena dapat menjaga bentuk dan kondisi tubuh tetap indah dan sehat.

Hanya saja, kalau kamu berolahraga secara berlebihan, kamu bisa mengalami kejang otot. Belum lagi kalau kamu tidak memberi waktu yang cukup untuk tubuhmu beristirahat, otot-otot yang rusak di latihan sebelumnya, malah akan rusak permanen karena belum sempat mengalami proses perbaikan alaminya. Olahraga berlebihan juga bisa menyebabkan turunnya daya turun tubuhmu. Ini memperparah kondisi tubuhmu karena itu artinya setiap kamu olahraga, tubuhmu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih. Kalau kamu memiliki penyakit, masa penyembuhan sakitmu juga jadi lebih panjang. Repot, ya?

Sebaiknya: Kamu belajar memperhatikan batasan daya tahan tubuh anda dan menghargainya dengan disiplin yang baik. Terobsesi olahraga justru malah membuat tubuhmu sakit semakin parah. Tidak mau kan niat kamu hidup sehat malah bawa penyakit?

BACA JUGA: Hati – hati Kecanduan Olahraga!


Semoga ketiga fakta yang dipaparkan di atas tidak membuat semangat kamu untuk hidup sehat menurun ya! Justru dari sekarang, kamu harus belajar lebih teliti dan lebih disiplin lagi. Apapun yang berlebihan itu memang tidak baik!

Artikel Selanjutnya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani