Foto Inilah 6 Efek Jatuh Cinta Terhadap Tubuhmu

Inilah 6 Efek Jatuh Cinta Terhadap Tubuhmu

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Siapa sangka jika cinta ternyata bukan perkara romantisme semata. Selain membawa kebahagiaan, jatuh cinta juga sangat berpengaruh terhadap kesehatanmu. Inilah efek jatuh cinta terhadap tubuhmu.

Kondisi fisik seseorang sangat dipengaruhi oleh kondisi emosi dan psikologis mereka. Perasaan-perasaan yang positif sangatlah baik dan bisa memperbaiki kesehatan kita. Begitu juga dengan rasa cinta. Bahkan, efeknya sangat besar karena jatuh cinta merupakan emosi positif yang sangat kuat.

6 Manfaat Jatuh Cinta Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa dari pengaruh jatuh cinta terhadap tubuhmu:

1. Jatuh Cinta Mengurangi Rasa Sakit

Jatuh cinta mengurangi rasa sakit

Kamu pasti suka ketika dibelai orang yang kamu sayangi. Rasanya menenangkan dan nyaman. Hasil studi baru-baru ini menunjukkan jika oxytocin (zat kimia di dalam otak yang menghasilkan rasa tenang dan kedekatan) yang dilepaskan ketika berpelukan selama 10-20 detik cukup efektif mengurangi rasa sakit, terutama sakit kepala. Bahkan, hanya dengan melihat foto orang yang kamu cintai, hal itu dapat meningkatkan ketahanan tubuhmu dan meringankan rasa sakit (40% pada kasus sedang, 15% pada kasus berat).

2. Jatuh Cinta Menjaga Kesehatan Jantung

Jatuh cinta menyehatkan jantung

Studi menunjukkan bahwa ekspresi cinta akan menurunkan denyut jantung hingga separuhnya. Hal ini terutama sangat efektif ketika kita sedang stres, sekaligus sangat bagus untuk kesehatan jantung dalam jangka panjang. Selain itu, oxytocin yang merupakan hormon cinta, juga meredakan stres, menurunkan tekanan darah, mengurangi ketegangan, meningkatkan kepercayaan diri, dan membantu melawan depresi.

3. Jatuh Cinta Membantu Tubuhmu Melawan Penyakit

Jatuh cinta membuatmu lebih sehat

Cinta berkaitan dengan bahasa tubuh. Dari memegang tangan hingga seks, semua itu mengingkatkan endorphin yang selanjutnya akan memperbaiki sistem imunitas kita. Begitu juga dengan orang yang mengidap penyakit dan merasa dicintai, akan merespon dengan lebih baik pengobatan apapun yang sedang dijalaninya dan lebih termotivasi untuk sembuh.

4. Jatuh Cinta Mengatasi Insomnia

Jatuh cinta dapat mengatasi insomnia

Hormon cinta oxytoxin dan endorphin menghambat pelepasan cortisol, yaitu hormon yang bertanggung jawab ketika terjadi stres. Sehingga hasilnya, kamu pun akan lebih mudah beristirahat. Di samping itu, hormon-hormon tersebut juga sudah terbukti secara ilmiah sebagi salah satu solusi insomnia.

5. Jatuh Cinta Memperpanjang Umur Seseorang

Jatuh cinta dapat membuatmu panjang umur

Survei menunjukkan jika orang yang menjalin hubungan mendalam, terutama pernikahan, merasa lebih sehat dan diuntungkan dengan pola hidup yang lebih teratur (termasuk pilihan makanan, makan teratur, cukup istirahat, stres berkurang, dll). Berpasangan juga bisa mencegah masalah-masalah kesehatan, sehingga orang yang berkomitmen dalam suatu hubungan akan lebih panjang umur.

6. Jatuh Cinta Merupakan Terapi

Jatuh cinta adalah terapi

Banyak orang melakukan terapi, dan sebenarnya tujuan utama mereka adalah untuk didengarkan dimengerti. Orang yang paling bersedia melakukannya pastilah pasanganmu. Dukungan dan kasih sayang kekasihmu adalah obat yang kamu perlukan untuk mengatasi phobia, depresi, kecemasan, dan juga kesehatan fisikmu.


Jadi, buka hatimu dan tunjukkan cintamu, ladies!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini