Kawaii Beauty Japan

Featured

Buktikan Cintamu Pada Bumi dengan 5 Cara Berikut!

Inilah yang harus kamu lakukan untuk memberikan lingkungan yang baik untuk generasi anak-cucu mu!

Wikan Saputri

Bumi tempat kita tinggal kini sudah semakin tua, ladies! Banyaknya polusi udara hingga kebakaran hutan yang mengakibatkan semakin memburuknya kualitas udara yang kita hirup sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Bumi semakin tercemar dengan berdirinya pabrik-pabrik indusri yang senantiasa membuang limbah dengan semena-mena, ditambah lagi dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna kendaraan pribadi setiap tahunnya.

Begitu banyak pencemaran dan kerusakan yang ditimbulkan oleh manusia, yang secara langsung berdampak pada kelestarian lingkungan di masa depan. Meskipun segala cara telah dilakukan pemerintah untuk menggalakkan program peduli lingkungan, namun hal ini tidak akan berhasil jika setiap individu tidak memiliki kesadaran lingkungan yang cukup. Tak perlu program peduli lingkungan, jika setiap individu sadar akan pentingnya kelestarian hidup, cukup dengan melakukan kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari untuk ‘setidaknya’ meminimalisir kerusakan bumi kita tercinta ini.

Buktikan Cintamu Pada Bumi dengan 5 Cara Ini!

Berikut adalah 5 cara sederhana untuk membuktikan cinta kita pada bumi yang dapat kita lakukan di manapun dan kapanpun, yang pastinya akan memberikan dampak positif untuk masa depan.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Sangat terdengar klise memang tapi hal ini sangatlah penting. Karena masalah sampah inilah yang sering menjadi penyebab timbulnya bermacam penyakit, banjir, dan juga semakin memburuknya pemandangan di kota-kota besar dengan sampah yang berserakan di sekitarnya.

Kurangi Sampah Plastik

Kebijakan pemerintah mengenai plastic berbayar memang merupakan salah satu cara pemerintah mengurangi penggunaan kantung plastic. Meskipun sudah ada peraturan tersebut, namun di beberapa toko masih ada yang menyediakan plastic untuk customernya. Untuk mengurangi penggunaan sampah plastic kamu bisa membawa sendiri kantung belanja atau goodie bag dari rumah.

Bijaksana Dalam Penggunaan Listrik

Hal ini dapat kamu praktikkan setiap hari sebelum keluar rumah untuk melakukan aktifitas apapun, pastikan semua listrik sudah dipadamkan. Dan lagi, jangan lupa untuk selalu mencabut charger handphone setelah pengisian selesai.

Mengurangi Frekuensi Menggunakan Kendaraan Pribadi

Selain menyebabkan kemacetan, menggunakan kendaraan pribadi juga dapat menyebabkan semakin bertambahnya polusi udara. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kita menggunakan transportasi umum pada saat yang memungkinkan. Tak perlu memaksakan untuk memakai transportasi umum setiap hari, cukup sisakan 3 sampai 4 hari wajib naik angkutan umum, itu sudah sangat membantu.

Gunakan Tisu dan Kertas dengan Bijaksana

Tissue dan kertas adalah produk dari kulit batang pohon. Singkatnya, jika konsumsi tissue dan kertas meningkat, maka semakin banyak pohon yang harus dikorbankan. Jika semakin banyak pohon ditebang, maka kerusakan lingkungan akan semakin parah, dan tentunya kita tak ingin hal ini terjadi, bukan begitu, ladies? So, gunakan tissue dan kertas seperlunya, ya ladies!

Hal sederhana di atas akan sangat berdampak besar jika semua lapisan masyarakat bersedia melakukannya atas kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Karna jika bumi rusak, di mana lagi kita dan anak-anak bisa berlindung?

Tagged in:
Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait