Kawaii Beauty Japan

Health

4 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh yang Akan Membuatmu Rutin Melakukannya

Mungkin kamu belum tahu manfaat kesehatan yang bisa diberikan oleh yoga. Maka dari itu, yuk jadikan yoga sebagai resolusi sehatmu di tahun 2016!

Hikma Adriani

Apalagi kamu memiliki komitmen dan resolusi untuk lebih sehat di tahun 2016, kamu mungkin bisa mencoba yoga. Selama ini, yoga seringkali dianggap sebagai bentuk olahraga karena tak terlihat se-intens olahraga lainnya seperti lari pagi atau gym.

Meski begitu, jangan remehkan manfaat kesehatan yang bisa diberikan oleh yoga! Olahraga yang satu ini akan mengejutkanmu dengan berbagai manfaat kesehatan yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Penasaran dengan manfaat apa saja yang bisa diberikan yoga untuk kesehatan? Yuk, kita simak manfaatnya berikut ini:

Mengatasi Depresi

Yoga menawarkan teknik pernapasan yang tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga pikiran. Menguasai teknik pernapasan dalam yoga memang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan dengan instan. Namun, dengan melakukan teknik pernapasan biasa saja, Kamu bisa meredakan stres, depresi, dan rasa cemas.

Yoga selama 30 menit sehari bisa meningkatkan mood, fokus dan menurunkan stres. Teknik pernapasan a la yoga bisa menurunkan detak jantung dan menenangkan sistem saraf sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental.

Menurunkan Berat Badan

Dengan melakukan yoga secara teratur, kamu bisa menurunkan berat badan juga, ladies. Orang yang melakukan yoga secara teratur bisa menurunkan hingga 9 kg berat badan dalam waktu 4 tahun. Sementara orang yang tidak melakukan yoga membutuhkan lebih dari 10 tahun.

Orang yang berdiet dan melakukan yoga, mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat dibandingkan dengan orang yang berdiet tetapi tidak melakukan yoga. Untuk kamu yang ingin cepat-cepat menurunkan berat badan, yoga bisa menjadi solusimu.

Meningkatkan Gairah Seksual

Yoga dalam bahasa Sanskerta berarti “hubungan” dan “penyatuan”. Yoga mengajarkan kita untuk menyatukan pikiran dan fisik. Karena itu, tentu tidak mengherankan jika yoga bisa membantumu dalam meningkatkan kualitas hubungan seksual. Melakukan yoga selama 12 minggu bisa meningkatkan gairah seksual dan juga membantu orang yang mengalami disfungsi seksual. Banyak juga pose yoga yang bisa kamu lakukan untuk membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan stres.

Meredakan Gejala Menopause

Ketika mengalami menopause, wanita seringkali merasakan gejala-gejala yang membuat mereka tidak nyaman. Wanita menopause yang yang melakukan yoga secara rutin dapat mengalami penurunan gejala menopause hingga 30%.

Nah ladies, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan olahraga yoga. Yoga bisa membantu kamu menyatukan pikiran dan fisik, serta membantu meningkatkan kesehatanmu. Tunggu apa lagi? Coba lakukan yoga secepatnya!

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait