Foto 20 Perayaan Tahun Baru Terunik di Dunia

20 Perayaan Tahun Baru Terunik di Dunia

Foto Marga Apsari
Tahun baru tidak hanya sebatas pesta kembang api saja. Banyak tradisi tahun baru unik di seluruh dunia ini! Penasaran? Simak artikel ini selengkapnya!

Jika kamu pikir perayaan tahun baru hanya sebatas pesta makan-makan dan menyalakan kembang api saat detik pergantian tahun baru, kamu salah besar! Umumnya masyarakat dunia memang merayakan tahun baru dengan cara seperti itu, namun tahukan kamu bahwa sebenarnya setiap daerah memiliki tradisi perayaan tahun baru yang berbeda-beda? Ada yang dengan melempar roti, membakar orang-orangan sawah, dan ada juga yang adu tinju untuk mendapatkan keberuntungan. Berikut ini adalah 20 tradisi tahun baru terunik dari seluruh dunia!

1. Memecahkan Piring (Denmark)

Di Denmark, ada sebuah tradisi melempar piring beling ke pintu tetangga, teman dan keluarga. Anehnya, hal ini justru membuat mereka senang. Semakin banyak piring yang dipecahkan di depan rumahnya, maka ia adalah orang yang paling beruntung, karena memiliki banyak teman yang setia.

2. Membakar Orang-orangan Sawah (Ekuador)

Masyarakat Ekuador merayakan tahun baru dengan membakar orang-orangan sawah di malam pergantian tahun. Selain itu, mereka juga membakar foto-foto tahun lalu. Semua hal ini dilakukan agar mereka mendapatkan keberuntungan di tahun baru.

3. Memakan 12 Anggur Sekaligus (Spanyol)

Di Spanyol, ada sebuah kepercayaan jika kamu berhasil memasukan 12 buah anggur sekaligus ke dalam mulut saat malam hari, maka kamu akan mendapatkan keberuntungan di tahun berikutnya.

4. Benda-Benda Bulat (Filipina)

Di Filipina, pernak-pernik pesta tahun baru sebaiknya berbentuk bulat. Benda-benda bulat ini diibaratkan seperti uang koin dan dapat membawa kemakmuran. Makanan bulat, baju bulat, dan aksesoris-aksesoris bulat akan menghiasi perayaan tahun baru FIlipina.

5. Pakaian Dalam Warna-Warni (Amerika Selatan)

Berbagai daerah di Amerika Selatan percaya bahwa menggunakan pakaian dalam warna-warni menggambarkan takdir di tahun baru. Menggunakan pakaian dalam berwarna merah berarti kamu akan menemukan cinta sejati, emas berarti kekayaan, dan putih berarti kedamaian.

6. Membunyikan Bel (Jepang)

Di Jepang, pendeta kuil membunyikan bel saat pergantian tahun. Hal ini dipercaya dapat membawa kebahagiaan dan kedamaian. Selain itu, tersenyum saat pergantian tahun juga sangat dianjurkan karena akan membawa keberuntungan.

7. Adu Tinju (Peru)

Setiap tahun, pada akhir Desember, masyarkat sebuah desa kecil di Peru adu tinju untuk menyelesaikan permasalahan dan perbedaan di antara mereka. Dengan demikian, mereka bisa memulai tahun baru dengan perasaan lebih lega.

8. Menjatuhkan Es Krim (Swiss)

Di Swiss, ada sebuah tradisi menjatuhkan es krim ke lantai saat perayaan tahun baru. Hal ini dipercaya dapat membawa keberuntungan yang berlimpah.

9. Melempar Koin (Roma)

Di Roma, melempar koin ke sungai pada malam pergantian tahun dipercaya dapat membawa keberuntungan.

10. Menyiram Air Seember (Puerto Rico)

Berbagai daerah di Puerto Rico merayakan tahun baru dengan menyiram seember air ke luar jendelanya. Hal ini dipercaya dapat menghilangkan sial dan mengusir roh jahat.

11.  Jangan Lupakan Sapi! (Belgia)

Masyarakat Belgia sangat memerhatikan ternak-ternaknya dengan serius. Saking seriusnya, mereka juga mengucapkan, "Selamat Tahun Baru!" pada sapi dan hewan ternak lainnya.

12. Koin Manis (Bolivia)

Di Bolivia, masyarakat memasukan koin ke adonan kue, dan memanggangnya. Siapapun yang menemukan koin dalam kue tersebut, dipercaya akan menjadi orang yang paling beruntung tahun depan.

13. Pancake (Perancis)

Orang Perancis senang dengan hal-hal yang sederhana dan lezat. Saat perayaan tahun baru, mereka memakan setumpuk pancake bersama teman-teman dan keluarga.

14. Membawa Koper (Kolombia)

Di Kolombia, masyarakat membawa tas koper sepanjang akhir tahun dengan harapan dapat pergi jalan-jalan di tahun depan.

15. Menggunakan Baju Renang dan Topi Oranye (Belanda)

Masyarakat Belanda memiliki tradisi membakar pohon natalnya dan membuat api unggun. Tidak hanya itu, mereka juga akan mengenakan baju renang dan topi berwarna oranye, lalu melompat ke laut.

16. Menginap di Pemakaman (Chile)

Keluarga di Chile melewatkan waktu semalaman bersama orang terkasih yang telah meninggalkannya, dengan menginap di pemakaman.

17. Menyiram Teman (Thailand)

Di Thailand, ada tradisi menyiram teman dengan seember air saat perayaan tahun baru.

18. Lempar Roti (Irlandia)

Masyarakat Irlandia memiliki kebiasaan melempar roti ke dinding di malam pergantian tahun. Hal ini dipercaya dapat mengusir roh jahat dari rumah mereka yang tinggal di dinding.

19. Buang Furnitur (Afrika Selatan)

Beberapa daerah di Afrika Selatan memiliki tradisi melempar furnitur dari jendelanya saat malam pergantian tahun. Jika kamu berkesempatan merayakan tahun baru di Afrika Selatan, hati-hati ya!

20. Meramal dengan Timah Cair (Finaldia)

Di Finladia, orang-orang memprediksi nasib tahun depan dengan menumpahkan timah cair ke dalam ember berisi air. Dari situlah mereka meramalkan nasib tahun depan dari tafsiran bentuk yang dihasilkan.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Weekend Seru di Jakarta Fair Kemayoran

Weekend Seru di Jakarta Fair Kemayoran

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui 5 Sikap Kartini yang Bisa Kamu Teladani

Ketahui 5 Sikap Kartini yang Bisa Kamu Teladani

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 2)

Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 2)

Marga Apsari Marga Apsari
Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 1)

Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 1)

Marga Apsari Marga Apsari
Simak Peruntunganmu Berdasarkan Zodiak Bulan Ini! (Part 2)

Simak Peruntunganmu Berdasarkan Zodiak Bulan Ini! (Part 2)

Santi Berlinawati Santi Berlinawati