Kawaii Beauty Japan

Relationship

Bukan Hanya Romantis, Ada Manfaat Sehat Dibalik Bergandengan Tangan

Apa saja ya manfaat sehat dari bergandengan tangan dengan orang-orang yang kamu sayangi?

Melisa

Siapa di antara kalian yang suka bergandengan tangan, ladies?

Bergandengan tangan memang memberikan perasaan nyaman yang sangat menyenangkan, ya. Apalagi kalau bisa bergandengan tangan dengan pacar atau pasangan, wah rasanya seperti tak ingin mengakhiri momen-momen tak terlupakan itu.

Selain memberikan rasa nyaman, ternyata secara ilmiah sudah ada penelitian yang membuktikan kalau bergandengan tangan itu baik untuk kesehatan, lho.

Sudahkah kamu tahu tentang informasi ini, ladies?

Berpegangan Tangan Ampuh Kurangi Stres

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim psikologi University of Virginia dipimpin oleh Dr. James Coan ingin membuktikan kenapa manusia cenderung meraih tangan pasangannya atau orang-orang terdekatnya ketika ingin menghibur atau meminta sebuah bentuk penghiburan.

Penelitian ini dibantu oleh 16 wanita yang sudah menikah dan menjalani kehidupan rumah tangga yang bahagia. Sembari diberi rangsangan berupa kejutan listrik yang memberi efek stres, kinerja otak para wanita tersebut dipantau dengan mesin MRI. Dan hasilnya sungguh mengejutkan, ladies!

Ketika diberi rangsang kejut listrik sambil memegangi tangan orang asing, efek stres otak yang terekam MRI berkurang. Apalagi saat para wanita tersebut diuji sambil memegangi tangan suaminya, tingkat stres dapat berkurang lebih signifikan. Jadi, sekarang terjawab bukan, jika memegang tangan orang lain merupakan salah satu naluri alamiah manusia untuk meminimalkan efek stres atau menghibur orang terdekat yang sedang merasa stres.

BACA JUGA: Rahasia Pasangan Selalu Mesra!

Ternyata Berpegangan Tangan Juga Bisa Atasi Rasa Sakit

Para ilmuwan di John Hopkins University menyatakan kalau memberi efek tekanan ringan pada daerah tangan di antara ibu jari dan telunjuk bisa mengurangi rasa sakit yang sedang dialami seseorang.

Itulah alasannya mengapa memegangi tangan wanita yang sedang melahirkan atau seseorang yang sedang disuntik akan memberikan efek rileks supaya rasa sakit yang sedang dirasakan bisa menjadi lebih ringan.

Memegang Tangan Menunjukkan Suatu Bentuk Keseriusan

Ketika kamu memegang tangan pasangan, orangtua, adik, kakak, atau sahabat di depan umum, hal tersebut menunjukkan kalau kamu merasa nyaman berada bersama mereka. Sebab itu artinya kamu tidak segan untuk menunjukkan kasih sayangmu di depan umum dalam sebuah bentuk komunikasi fisik yang santun dan tidak vulgar.

Ternyata kamu tak perlu menggunakan cara yang rumit dan berlebihan untuk menunjukkan rasa kasih sayangmu pada orang-orang terdekat. Cukup genggam erat tangannya agar mereka juga bisa merasakan sinyal-sinyal kasih sayang yang kamu pancarkan dengan tulus melalui genggaman tanganmu.

Setelah membaca artikel yang satu ini, rasanya hati jadi tenang dan ingin segera menggenggam tangan orang-orang yang kamu sayangi, ya.

Kira-kira siapa saja orang yang sudah kamu genggam tangannya hari ini?

BACA JUGA: Manfaat Besar dari Sebuah Pelukan Sederhana

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait