Foto Bolehkah Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi?

Bolehkah Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi?

Foto Me Siang
Me Siang
Contributor
Besok acara penting tapi hari ini malah jerawatan? Tentunya kamu menginginkan obat jerawat yang efektif ya! Banyak orang yang beranggapan bahwa pasta gigi adalah obat jerawat yang efektif. Benarkah?

Banyak sumber yang mengatakan bahwa pasta gigi mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Beberapa orang yang sudah mencoba mengatakan berhasil, namun ada juga yang mengatakan cara ini tidak memberi efek yang berarti. Para dokter kulit dan ahli dermatologis menentang kebenaran informasi tersebut. Berikut ini adalah argumen mereka mengenai pasta gigi sebagai solusi alternatif masalah jerawat.

Apakah Benar Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat?

Secara umum pasta gigi mengandung bahan aktif seperti baking soda, hidrogen, peroksida, alkohol, menthol, minyak esensial, dan triclosan. Bahan-bahan tersebut berfungsi sebagai antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri, memutihkan gigi  dan membersihkan kotoran yang menempel pada gigi. Ternyata pasta gigi memiliki kandungan yang berguna untuk melawan jerawat pada wajah yang disebabkan peradangan dan infeksi di kulit oleh bakteri. Bahan yang terkandung dalam pasta gigi bersifat menarik air ke dalamnya. Itulah alasan mengapa orang-orang menganggap dapat menghilangkan jerawat dengan cepat dengan cara mengeringkannya.

BACA JUGA: Jerawatan? Jangan-Jangan Kamu Malas Melakukan Kebiasaan-Kebiasaan Ini!

Mengapa Para Dokter Kulit dan Dermatologis Menentang?

Walau pasta gigi terkadang efektif untuk mengeringkan dan menghilangkan jerawat pada sebagian orang. Namun, pasta gigi dibuat dan dirancang sejak awal untuk membersihkan gigi dan mulut. Sehingga cukup mustahil produsen membuat pasta gigi yang juga efektif mengobati jerawat.

Para ahli mengatakan produk pasta gigi hanya untuk menyembuhkan bukan menghilangkan jerawat. Malah, pasta gigi dapat membuat kulit semakin iritasi dan membuat kondisi jerawat semakin parah. Pasta gigi bersifat menarik air, jadi apabila pasta gigi terlalu lama menempel dengan kulit, cairan yang ada pada kulit akan ditarik sehingga kulit akan kekurangan cairan yang menyebabkan radang dan iritasi.

Sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Clinical and Aesthetic  Dermatology membuktikan bahwa penggunaan pasta gigi pada kulit wajah dapat menjadi penyebab utama kasus alergi kulit. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kandungan tambahan pada pasta gigi seperti peppermint, menthol, dan carvone yang banyak digunakan untuk menambah kesegaran pada mulut.

BACA JUGA: Lakukan 5 Hal Ini dan Katakan Sayonara Pada Bau Mulut!

Jadi, Pasta Gigi Tidak Bisa Untuk Menyembuhkan Jerawat?

Bukan tidak bisa untuk menyembuhkan jerawat, tapi bahan dan kandungannya memang tidak dirancang untuk mengatasi masalah jerawat dengan aman dan efektif.  Lebih tepatnya sebagai pertolongan darurat. Jika kamu sedang berada diluar kota atau luar negeri dan kelupaan membawa produk perawatan jerawat, pasta gigi mungkin bisa jadi alternatif menyembuhkan jerawat, caranya cukup oleskan pasta gigi kamu pada daerah yang berjerawat saja, jangan ke seluruh wajah, lalu diamkan antara 15 menit sampai 2 jam, tergantung dengan tingkat kondisi jerawat dan kulit kamu ya. Ingat, jangan didiamkan hingga semalaman, karena bisa membuat kulitmu iritasi!

BACA JUGA: Jerawat Hilang Dalam Sekejap Dengan Minyak Cengkeh

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini