Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Jerawat Hilang Dalam Sekejap Dengan Minyak Cengkeh

Mengobati jerawat dengan cepat tanpa meninggalkan bekas dapat dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu menggunakan minyak cengkeh.

Santi Berlinawati

Sudah tahukah kamu bahwa cengkeh ternyata memiliki banyak manfaat selain untuk bahan pembuat rokok? Cengkeh yang sudah diolah menjadi minyak cengkeh bisa mengobati berbagai macam penyakit, termasuk batuk, sakit gigi, asma, sakit kepala, masalah pencernaan, dan darah kotor. Tak heran jika minyak cengkeh juga sering digunakan sebagai bahan tambahan di dalam obat-obatan.

Khasiat Minyak Cengkeh untuk Kecantikan Wajah

Selain untuk kesehatan, cengkeh juga bermanfaat sekali untuk kecantikan, seperti mengatasi berbagai jenis jerawat. Jerawat merupakan salah satu masalah klasik wanita yang sering mengganggu penampilan. Bagi kamu yang belum bisa juga mengusir jerawat dari wajah cantikmu, coba saja minyak cengkeh. Bahan alami ini cukup ampuh untuk mengatasi beberapa masalah yang sering terjadi pada kulit wajah, seperti komedo, alergi, dan juga jerawat.

Dengan khasiat anti peradangan, antiseptik, dan antibakterinya, minyak cengkeh dapat menghilangkan jerawat tanpa bekas pada wajah. Minyak cengkeh cukup mudah didapatkan. Namun, penggunaannya tidak boleh sembarangan karena kandungan zat yang terdapat di dalam minyak cengkeh cukup kuat.

Cara Mengobati Jerawat dengan Minyak Cengkeh

Dalam menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati jerawat, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Gunakan Minyak Cengkeh yang Sudah Diencerkan

Karena formula minyak cengkeh murni sangat pekat dan keras, jangan langsung menggunakannya tanpa tambahan bahan lain. Bahan yang bisa digunakan sebagai campuran antara lain minyak biji angur, minyak zaitun, dan minyak almond. Perbandingan minyak cengkeh dan bahan campuran adalah 1:10. 

Oleskan Hanya pada Bagian yang Berjerawat Saja

Pada saat mengoleskan minyak cengkeh, pastikan hanya bagian yang berjerawat saja yang terkena. Agar tepat mengenai titik jerawat, bisa menggunakan cotton bud atau kapas yang bersih. Jika ingin menggunakan jari, jangan lupa untuk membersihkan jari terlebih dahulu. Tunggu sebentar hingga minyak cengkeh meresap dan lambat laun mengering. Tidak lama kemudian, jerawat akan kempis dan kering.

Cobakan Dulu pada Tangan untuk Mencegah Efek Alergi

Meskipun sangat berkhasiat mengatasi jerawat, namun tidak semua jenis kulit cocok dengan zat yang terkandung dalam minyak cengkeh. Oleh sebab itu sebelum langsung menggunakannya pada wajah yang berjerawat, cobakan dulu sedikit pada tangan dan lihat reaksinya. Jika ternyata timbul alergi, lebih baik hindari bahan yang satu ini.

Jangan Campur Minyak Cengkeh dengan Bahan Kimia Lainnya

Meskipun minyak cengkeh bisa dicampur dengan bahan lain untuk mengencerkan, jangan pernah mencampurnya dengan krim-krim perawatan lain yang mengandung bahan kimia. Hanya bahan-bahan minyak alami atau air saja yang boleh digunakan sebagai campuran minyak cengkeh. Ada baiknya juga berkonsultasi dengan dokter jika ingin menggunakan minyak cengkeh bersamaan dengan krim perawatan.

Di samping itu, karena sifatnya yang panas, sebaiknya simpan minyak cengkeh di tempat yang dingin. Dengan pemakaian yang benar seperti cara-cara di atas, jerawat di wajahmu bisa hilang dalam sekejap tanpa meninggalkan bekas. Selamat mencoba!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait