Foto Jerawatan? Jangan-Jangan Kamu Malas Melakukan Kebiasaan-Kebiasaan Ini!

Jerawatan? Jangan-Jangan Kamu Malas Melakukan Kebiasaan-Kebiasaan Ini!

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Menghindari jerawat dapat dengan mudah dilakukan jika kamu rutin melakukan beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

Jerawat merupakan salah satu masalah klasik perempuan yang cukup mengganggu. Salah satu gangguan paling umum adalah bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Menutupi jerawat mungkin bisa menjadi salah satu solusi tercepat agar orang lain tidak menyadari kehadiran jerawat di wajah kita. Tapi, apa tidak capek kalau setiap saat harus membubuhkan concealer di atas jerawat dan bekas-bekasnya? Belum lagi kalau concealer tersebut malah memperparah jerawat. Malah jadi makin repot bukan?

Mencegah Jerawat Lebih Baik Daripada Mengobati

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi jerawat, mulai dari cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami, hingga teknik-teknik modern dari ahli kecantikan menggunakan obat-obatan dan teknologi canggih. Namun, sebenarnya ungkapan mencegah lebih baik daripada mengobati juga berlaku di sini. Coba saja hitung, berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk menghilangkan jerawat dan membuat wajah kembali mulus tanpa bekas jerawat. Tentunya tidak sedikit kan?

Kebiasaan Positif Yang Dapat Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat sebenarnya dapat dicegah dengan cara-cara yang sederhana. Namun sayangnya, seringkali kita malas atau lupa untuk melakukan kebiasaaan-kebiasaan positif ini, sehingga jerawat pun nongol di wajah.

Rajin Membersihkan Muka

Kebersihan merupakan salah satu faktor terpenting yang dapat memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, rajin membersihkan muka sebelum tidur cukup bermanfaat untuk mencegah jerawat. Selain muka, jerawat juga dapat timbul di daerah lain, misalnya punggung, dada, dan leher. Oleh sebab itu, bukan hanya kebersihan muka yang penting, kebersihan badan secara keseluruhan juga sangat pokok untuk dilakukan.

Banyak Minum Air Putih dan Konsumsi Buah & Sayuran

Apa hubungan air putih dengan jerawat? Ternyata air putih yang cukup dapat mempermudah ginjal untuk menyingkirkan racun dari tubuh. Selain itu, sayur dan buah juga sangat bermanfaat untuk proses detoks. Dengan kandungan serat yang tinggi, buang air besar lebih lancar, dan jerawat pun enyah.

Rutin Mencuci Handuk dan Sarung Bantal

Handuk dan sarung bantal yang kotor merupakan tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Apalagi biasanya handuk dan sarung bantal sering dalam keadaan basah atau lembap akibat terkena air atau keringat. Bakteri tersebut akan tumbuh dengan cepat dan dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Untuk itu, cuci dan keringkanlah handuk dan sarung bantalmu secara rutin.

Membatasi Makanan Pemicu Jerawat

Ada beberapa jenis makanan yang bisa mengurangi tingkat kolagen pada kulit, seperti makanan manis, kopi, soda, dan makanan pedas. Selain itu, makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi juga dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Hindari makanan ini meskipun terlihat sangat menggoda.

Olahraga Teratur

Selain membuat badan menjadi bugar, membakar kalori, dan mengencangkan kulit, olahraga juga dapat berperan sebagai proses detoks dengan mengeluarkan racun dari keringat.

Hindarkan Tangan dan Rambut dari Wajah

Tak jarang tangan kita usil menyentuh bagian wajah, padahal tangan merupakan bagian tubuh yang sering kontak dengan berbagai macam benda di sekitar sehingga tidak selalu terjamin kebersihannya. Begitu juga rambut yang secara alami mengandung minyak dan terpapar debu dan kotoran. Usahakan kedua bagian tubuh ini tidak terlalu sering menempel pada wajah. Kalau kamu memiliki poni, maka rajin-rajinlah menyuci rambutmu.

Meski terlihat sepele, kebiasaan-kebiasaan di atas sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya  jerawat di wajahmu. Dengan mulai membiasakan diri melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, kamu tak perlu lagi pusing mencari obat untuk menghilangkan jerawatmu.  

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini