Kawaii Beauty Japan

Diet

10 Mitos Diet yang Salah Ini Akan Membuat Dietmu Gagal!

Ingin diet malah jadi tersiksa? Coba cek lagi cara dietmu ladies! Banyak mitos diet yang kurang tepat dan justru membuat dietmu jadi gagal.

Inka Rahmawati

Apakah kamu sedang menjalani diet dan menghindari berbagai makanan yang berkarbohidrat, mengandung lemak, kalori dan sebagainya karena takut gemuk? Sebenarnya makanan tersebut tetap dibutuhkan tubuh dan ternyata banyak mitos mengenai diet yang salah lho!

BACA JUGA: Suka Duka Menurunkan Berat Badan yang Harus Kamu Ketahui!

Ini Dia 10 Mitos Tentang Diet yang Harus Kamu Ketahui:

Menghindari Zat Tepung

Kabohidrat merupakan salah satu sumber energi, lemak dan karbohirat sering datang bersamaan di beberapa makanan. Hal inilah yang mengacaukan zat tepung dengan makanan berlemak tinggi.

Sangat Perlu Untuk Mengurangi Kalori

Kekurangan kalori tidak baik untuk tubuh, hal ini dapat menghambat proses metabolisme dan akan membuatmu sulit menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Jajanan Lezat Ini Ternyata Kandungan Kalorinya Tinggi

Benar-Benar Menghindari Makanan Berlemak

Menghindari semua makanan yang mengandung lemak adalah hal yang salah. Sebenarnya, hanya lemak jenuhlah yang harus dihindari. Lemak pada kacang-kacangan, minyak zaitun atau ikan sangat baik untuk tubuh karena lemak pada makan tersebut merupakan lemak tak jenuh.

Harus Melakukan Diet Ketat

Diet dengan mengurangi porsi makan secara drastis atau absen makan adalah hal yang salah. Cara ini hanya akan mengurangi berat badan sementara dan tidak akan membantu dalam jangka waktu panjang. Ubahlah dietmu secara perlahan dan memulai hidup sehat, hal ini akan sangat membantumu dalam menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Rasa Lapar Adalah Penyebab Makan Secara Berlebihan

Benarkah orang yang lapar akan makan secara berlebihan? Faktanya adalah makan secara berlebihan terjadi karena kebiasaan buruk dan bisa juga karena terlalu stres. Untuk mengatasinya, konsentrasikan dirimu pada aktivitas yang sedang kamu lakukan, entah itu pekerjaan atau kegiatan lainnya agar pikiranmu tidak berfokus pada makanan  dan kamu bisa mengontrol diri saat ingin melahap segala jenis makanan.

BACA JUGA: Hindari Makanan Berkalori Tinggi Ini Saat Sedang Diet!

Olahraga Intens Untuk Membakar Lemak

Olahraga berlebihan bisa berakibat buruk untuk tubuh. Cedera atau kecapekan justru bisa membuatmu jatuh sakit. Melakukan olahraga ringan dan menjadi lebih aktif sebenarnya sudah cukup untuk membantumu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Kamu hanya perlu berolahraga 3 kali seminggu.

Produk Mengandung Susu Penyebab Berat Badan Naik

Ini tidak benar! Keju, susu, yoghurt dan es krim adalah produk berbahan susu yang bergizi, tinggi protein, kalsium dan vitamin D. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kalsium yang cukup akan membantu mengurangi berat badan.

BACA JUGA: Susu Almond Lebih Menyehatkan, Benar Atau Tidak?

Makan di Atas Jam 8 Malam Membuat Berat Badan Naik

Melewatkan makan malam merupakan hal yang salah karena tubuh tetap membutuhkan energi saat tidur. Tidak masalah kamu makan jam berapapun saat malam hari, yang menjadi masalah adalah kamu makan malam sesaat sebelum tidur. Jika kamu ingin makan malam, maksimal adalah satu jam sebelum kamu beranjak tidur agar tubuh dapat mencerna makanan dengan baik. Tapi ingat ya ladies, tetap perhatikan berapa banyak makanan yang kamu konsumsi dan kegiatan yang kamu lakukan.

BACA JUGA: Makan Malam Hari Berbahaya?

Sulit Diet Karena Faktor Genetik

Memang faktor genetik, lingkungan sekitar, kesehatan dan aktivitas berperan sangat penting dalam proses penurunan berat badan, tapi motivasi positif adalah salah satu faktor penting untuk melawan faktor lainnya dan kamu pasti bisa!

Dilarang Ngemil Antara Jam Makan Siang Hingga Makan Malam

Tidak ada salahnya ngemil saat jam tersebut asalkan yang kamu makan adalah camilan sehat. Lagi pula ngemil akan membuat perut kamu terhindar dari rasa lapar sehingga bisa membantumu menghindari makan berlebihan saat malam hari.

Nah, itu dia beberapa mitos tentang diet yang harus kamu ketahui. Mulai sekarang kamu tidak perlu takut jika makan di atas jam 8 malam ataupun merasa bersalah karena ngemil!

BACA JUGA: Ini Dia Beberapa Jenis Diet yang Wajib Kamu Coba di Tahun 2015!

Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait