Foto 5 Perbedaan Matcha dan Green Tea

5 Perbedaan Matcha dan Green Tea

Wah, ternyata matcha dan green tea itu sesuatu yang berbeda lho! Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui perbedaannya!

Ternyata matcha dan green tea itu merupakan dua hal berbeda lho, ladies! Pastinya kamu sering mendengar kata "matcha", karena sekarang ini berbagai restoran ataupun cemilan banyak yang menggunakan matcha. Matcha banyak digunakan pada makanan dan rasanya yang unik membuat matcha cepat menjadi terkenal di berbagai kalangan. 

Memang matcha itu merupakan suatu bentuk dari teh hijau atau green tea. Tapi ada beberapa perbedaan pada kedua hal ini yang membuat mereka jadi berbeda satu sama lain. Berikut adalah lima perbedaan antara matcha dan teh hijau:

Cara Mengonsumsi 

Jika kamu mengonsumsi teh hijau, biasanya kamu pasti akan menyeduh teh hijau ini di segelas atau seteko air, lalu setelah selesai menyeduh, kamu akan membuang sisa daun teh hijau atau kantung teh sisanya. Tapi jika kamu mengonsumsi matcha, maka kamu benar-benar mengkonsumsi keseluruhan daun teh hijau yang telah dikeringkan dan di buat menjadi bubuk halus. 

BACA JUGA: Yuk, Bikin Kue Cubit Green Tea Sendiri!

Tekstur yang Berbeda

Karena tekstur matcha yang berbentuk bubuk halus, matcha biasanya digunakan untuk memasak, seperti membuat kue, puding, cokelat rasa, minuman latte, hidangan penutup, es krim dan sebagainya. Tidak seperti matcha, teh hijau lebih jarang digunakan untuk keperluan memasak seperti di atas.

Perbedaan Manfaat

Matcha juga ternyata memiliki lebih banyak keuntungan pada tubuh dibanding teh hijau biasa. Kebanyakan matcha mengandung lebih banyak kafein, poluphenols dan antioksidan, serta memiliki lebih banyak L-Theanine dari pada teh hijau biasa. Karena hal ini, dalam beberapa penelitian, matcha dianggap lebih mampu untuk membantu pembakaran lemak, menghalangi munculnya kanker, dan juga dapat menstimulasi mental agar lebih sehat. Selain itu matcha juga memiliki lebih banyak kandungan chlorophyl yang membuat daya detoks pada matcha jauh lebih baik.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Teh Hijau

Perbedaan Warna

Warna matcha dan teh hijau juga ternyata berbeda, lho! Matcha sendiri lebih cenderung menghasilkan warna hijau yang lebih kental di bandingkan teh hijau biasa. teh hijau cenderung menghasilkan warna kuning kehijauan yang lebih bening. 

Perbedaan Harga

Teh hijau dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan matcha, tetutama saat kamu membelinya dalam bentuk minuman jadi. Selain itu matcha juga dijual dengan banyak kisaran harga tergantung dengan jenis matcha-nya. Matcha untuk memasak biasanya lebih murah dibanding dengan matcha yang digunakan untuk upacara-upacara khusus. 


Nah sekarang kamu sudah tau kan perbedaannya, ladies! Mana yang lebih kamu sukai, teh hijau atau matcha? Yuk, share di sini!

BACA JUGA: Apa Saja 5 Tren Healthy Food 2015? Yuk Intip!

Artikel Selanjutnya

Foto Cut Auzola Azalia

Cut Auzola Azalia

A weirdo who wants to share her knowledge about beauty, lifestyle and stuff. A psychology student who stuck with thesis, a beauty blogger in other life, makeup and skin care junkie, a Disney lover, a princess freak, and a girl who interested in the world of cosplay. Reach me by email at [email protected]

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini