Foto 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Teh Hijau

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Teh Hijau

Teh hijau ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan loh! Yuk simak artikel berikut untuk tahu kegunaan teh hijau!

Kabar baik untuk kamu yang gemar minum teh, terutama teh hijau! Teh hijau sering sekali disebut-sebut sebagai minuman tersehat di dunia. Mengapa? Hal ini karena minuman ini penuh dengan nutrisi dan antioksidan yang memiliki jutaan manfaat bagi tubuh kita. Manfaat tersebut termasuk fungsi otak yang meningkat, pembakaran lemak, dan risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker.

Berikut merupakan 5 alasan mengapa kamu harus minum teh hijau karena manfaat kesehatan yang sangat banyak:

1. Minum Teh Hijau Mampu Meningkatkan Fungsi Otak dan Membuatmu Lebih Pintar

Teh hijau tidak hanya bisa membuatmu tetap terjaga dan segar, tapi juga bisa membuatmu lebih pintar. Bahan aktif yang berperan dalam hal ini adalah kafein yang berfungsi sebagai stimulan.  Walaupun kafein dalam teh tidak setinggi dalam kopi, tapi ternyata sejumlah kafein tersebut mampu memproduksi respon (terjaga dan segar) tanpa ada efek samping ‘gelisah’ dan berdebar-debar akibat kafein yang terlalu tinggi.

Bagaimana Kafein Bekerja?

Kafein bekerja dalam otak dengan memblokir inhibitory neurotransmitter yang disebut Adenosin.  Dengan cara ini, kafein sebenarnya meningkatkan penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter lainnya seperti dopamin dan norepinefrin. Kafein telah diteliti secara intensif sebelumnya dan secara konsisten terus mengarah pada peningkatan berbagai aspek fungsi otak, termasuk meningkatkan mood, kewaspadaan, dan daya ingat.

Akan tetapi, teh hijau tidak hanya mengandung kafein tapi juga amino acid L-theanine yang memiliki dampak anti-gelisah. Kombinasi kafein dan L-theanine ini kemudian bersinergi sehingga mampu meningkatkan fungsi otak tanpa memberikan efek berdebar dan ‘gelisah’.

2. Teh Hijau Memacu Pembakaran Lemak

Coba deh cek produk pembakar lemak dan lihat daftar komposisinya, kemungkinan besar teh hijau tertulis disana. Hal ini karena teh hijau telah terbukti memacu pembakaran lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam suatu penelitian terhadap 10 orang yang sehat, ternyata energi yang dibakar oleh teh hijau meningkat sebesar 4%. Kafein yang terkandung dalam teh hijau sendiri juga terbukti berfungsi meningkatkan kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari sel lemak kemudian dijadikan sebagai energi.

3. Antioksidan dalam Teh Hijau Mampu Mengurangi Risiko Kanker

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Penyakit ini merupakan salah satu dari penyebab kematian terbanyak di dunia. Kabar baiknya adalah ternyata teh hijau merupakan sumber antioksidan yang kuat sehingga mampu mengurangi risiko kanker sebagai berikut:

Kanker Payudara

Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi teh hijau terbanyak dalam suatu observasi memiliki kemungkinan risiko 22% lebih rendah untuk mengalami kanker payudara.

Kanker Prostat

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang mengonsumsi teh hijau memiliki risiko 48% lebih rendah untuk mengalami kanker prostat.

Kanker Usus Besar

Studi terhadap 69.710 wanita di Cina membuktikan bahwa peminum teh hijau memiliki risiko 57% lebih rendah untuk terkena kanker usus besar.

Akan tetapi, jangan lupa untuk tidak mencampurkan susu ke dalam tehmu karena mampu mengurangi kandungan antioksidan ya kawaii-ladies!

Baca juga: 4 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

4. Teh Hijau Mampu Membantu Penurunan Berat Badan

Seperti yang telah dijelaskan dalam poin sebelumnya, teh hijau mampu meningkatkan metabolisme dalam jangka pendek. Nah alasan inilah yang tentu juga bisa membantumu menurunkan berat badan. Selain itu, beberapa penelitian juga membuktikan bahwa teh hijau mampu menurunkan lemak dalam tubuh, terutama bagian perut. 

5. Teh Hijau Menyehatkan Gigi dan Mulut

Senyawa bernama catechin dalam teh hijau memiliki fungsi untuk membasmi bakteri dan menghambat virus seperti virus influenza, sehingga mengurangi risiko infeksi. Penelitian membuktikan bahwa catechin dalam teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans yang merupakan penyebab karang gigi. Selain mencegah karang gigi, teh hijau juga mampu menyegarkan nafas sehingga bebas dari bau mulut!

Baca juga: Tips Menyikat Gigi yang Baik

Wah, ternyata banyak ya manfaat teh hijau bagi tubuh kita. Jangan lupa untuk tidak menambahkan gula dan susu ke dalam teh hijau sehingga manfaatnya tidak berkurang. Yuk minum teh dulu!

 

 

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini