Kawaii Beauty Japan

Food

Si Merah yang Bermanfaat Untuk Kulit Cantikmu dan Kesehatan

Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan “Si Merah yang Bermanfaat?” Ini yang sangat membantu untuk kencantikan kulit kita.

Intan A. Oktavia

Nah apa kalian tahu sebelumnya apa yang dimaksud dengan “Si Merah yang Bermanfaat?” Jawabannya adalah TOMAT. Tomat, yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, sebenarnya termasuk dikategorikan dalam jenis buah, karena tomat memiliki struktur daging dan biji. Namun, tomat seringkali disebut sayuran karena bisa disajikan dengan lalapan untuk makanan sehari-hari. 

Buah yang sudah mendunia popularitasnya ini  juga banyak dibudidayakan oleh para petani Indonesia. Namun, tomat masih memiliki kekurangan, yaitu ketahanannya yang lemah, sehingga mudah sekali membusuk. Adapun beberapa cara untuk mempertahankan kelemahan tomat itu sendiri dengan pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengelupasan, dan penyimpanan di lemari pendingin hingga beku.

 

Kandungan Tomat

Tomat memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, khususnya untuk kulit. Vitamin C dan air merupakan kandungan terbesar yang terdapat dalam tomat. Coba bayangkan, bagaimana jika kandungan vitamin C dan air berkolaborasi dalam tubuh kita? Pastinya akan menimbulkan sebuah manfaat untuk kecantikan seperti mengecilkan pori-pori serta dapat mencerahkan kulit.

BACA JUGA: Menu Diet Praktis dengan Tomat

Manfaat Tomat

Selain untuk kecantikan, “Si Merah yang Bermanfaat” juga memiliki manfaat untuk kesehatan sehari-hari jika dikonsumsi langsung. Berikut adalah manfaat tomat untuk kesehatan:

  • Mencegah Kanker

Antioksidan yang dikandung dalam tomat cukup memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Institute Cancer yaitu Journal of the National Cancer Institute mengungkapkan bahwa mengkonsumsi tomat akan menurunkan kemungkinan terjadinya penyakit kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.

BACA JUGA: Penting! Ketahui Penyebab Dan Gejala Kanker Serviks Sedini Mungkin

  • Menjaga Gigi dan Tulang

Mengkonsumsi cukup sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi, karena tomat mengandung kalsium yang dibutuhkan.

  • Menjaga Kestabilan Jantung

Tomat memiliki kandungan yang berguna untuk menjaga pempompaan darah, sehingga kestabilan jantung kitapun tergaja dengan stabil.

  • Mengecilkan, mengencangkan pori-pori wajah, mengatasi jerawat, dan kulit berminyak

Kandungan vitamin dan air yang banyak terdapat dalam tomat memiliki manfaat yang cukup banyak seperti mengecikan pori-pori wajah, mengatasi jerawat, serta kulit berminyak. Berikut akan dijelaskan untuk membuat masker tomat.

  1. Pilihlah tomat yang baik dan masih segar,
  2. Cuci dengan air bersih,
  3. Hancurkan dengan mesin penghalus buah,
  4. Oleskan ke wajah yang telah bersih tomat yang kita sudah haluskan tersebut,  pijat dengan lembut agar kandungan tomat tersebut dapat meresap dengan baik pada kulit wajah kita,
  5. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan wajah.

Setelah maskeran dengan tomat, kulit muka akan lebih segar dari sebelumnya.

BACA JUGA: Ini Dia Kandungan Tomat yang Bikin Lebih Putih!

  • Menjaga Agar Tetap Awet Muda

Salah satu rahasia wanita-wanita cantik adalah Tomat. Seringkali mereka meluangkan waktunya untuk perawatan tubuh dengan tomat itu sendiri. Perawatan kencantikan yang mengandung tomat atau mengkonsumsi tomat tersebut dapat memberikan manfaat awet muda loh, ladies.

  • Kondisioner Alami

Banyak yang belum tahu mengenai manfaat tomat yang satu ini. Selama ini kita hanya mengunakan kondisioner kemasan untuk rambut kita, padahal tomat juga bisa dijadikan untuk merawatan rambut agar  tetap halus dan mengurangi kerontokan. 

Maka dari itu, konsumsilah tomat dalam keseharian kita, mulai untuk perawatan kulit dan rambut hingga memakannya. Akan tetapi, konsumsilah secukupnya, karena semua yang berlebihan tidak akan berdampak baik. Selamat mencoba, ladies!

Intan A. Oktavia
Freedom like a bird. I'm not trying to be perfect, I'm just being me the best i can :) Path: Intan Arianti Oktavia
Share this article

Artikel Terkait