Foto 8 Tanaman Liar yang Baik Dikonsumsi

8 Tanaman Liar yang Baik Dikonsumsi

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Ternyata beberapa tanaman liar di sekitar kita memiliki kahsiat yang luar biasa, bahkan mengandung nutrisi tinggi lho! Apa saja tanaman tersebut, lanjutin bacanya ya!

Meski tidak dibudidayakan seperti tanaman hias, tanaman liar ternyata juga memiliki khasiat yang menakjubkan lho!

Mengonsumsi tanaman liar sama halnya dengan mengonsumsi sayuran pada umumnya, ada yang direbus, dan ada juga yang bisa langsung dimakan. Keuntungan utama yang kamu dapatkan selain nutrisinya adalah kamu tidak perlu membelinya karena tanaman liar ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah di sekitarmu. 

Ini dia tanaman liar yang aman untuk dikonsumsi:

Daun Pakis

Daun Pakis

Bagian pakis yang aman dikonsumsi adalah daun muda yang belum mekar sempurna. Daun pakis mengandung vitamin C yang tinggi serta komponen flavonoid dan polifenol yang berfungsi menetralkan radikal bebas seperti pencegahan penuaan dini dan kanker.

BACA JUGA: Ternyata Ini Dia Penyebab Kanker yang Sebenarnya!

Daun Genjer

Kandungan protein, karbohidrat, kalsium, hingga zat besi yang ada dalam genjer ternyata mampu meremajakan sel-sel tubuh serta menyediakan cadangan energi dalam tubuh. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan menjadikannya sebagai menu sayur.

Daun Krokot

Tahukah kamu bahwa krokot bisa dijadikan sayur asam dan selai? Daun krokot kaya akan omega-3 dan mengandung asam linolenat yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Daun krokot yang direbus memiliki kandungan kalsium, kalium, vitamin A, dan asam amino.

Daun Pegagan

Pegagan memiliki sifat manis dan minty. Daun yang biasa dijadikan sayur lalapan ini berkhasiat membersihkan darah, memperbanyak empedu, dan memperbaiki gangguan pencernaan. Bahkan daun ini telah teruji mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Selada Air

Selada Air

Berkat tingginya zat nutrisi yang dimilikinya, selada air merupakan salah satu pencuci darah yang baik serta mampu menyembuhkan gangguan liver dan ginjal. Selain mencampurnya dengan jus, selada air bisa dimakan mentah. Kamu hanya perlu memotong batangnya dan bilas dengan air dingin.

Daun Semanggi

Daun semanggi mengandung zat air, protein, vitamin C, betakaroten 3, dan karoten sehingga berfungsi sebagai penurun panas dan mampu melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker payudara, tuberkolosis, dan kanker getah bening.

BACA JUGA: Sudah Tahukah Kamu Mengenai 7 Penyebab Kanker Payudara Ini?

Ciplukan

Tanaman liar ini mengandung senyawa kimia berupa sitrun dan fisain. Buah ciplukan juga mengandung alkaloid, tannin, vitamin C, dan gula. Meski rasanya sedikit pahit, buah ini bisa menetralkan racun dalam tubuh dan mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh.

Sembukan

Di beberapa daerah, sembukan digunakan sebagai pagar rumah. Namun, tanaman ini ampuh menambahkan napsu makan. Kandungan analgetik, antibiotic, dan detoksifikasi yang ada bisa mengatasi nyeri syaraf serta bermanfaat bagi bayi yang mengalami malnutrisi.


Banyak sekali bukan manfaat dari tanaman-tanaman liar disekitar kita? Jadi, jangan sepelekan tanaman disekitamu, mungkin mereka akan kamu butuhkan sewaktu-waktu nanti.

 BACA JUGA: Ini Dia 43 Superfood yang Harus Ada dalam Menu Makananmu!‚Äč

 

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini