Sudah Tahukah Kamu Mengenai 7 Penyebab Kanker Payudara Ini?

Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh wanita pada saat ini adalah kanker payudara. Kanker ini terjadi karena dipicu oleh beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara.


Pola Hidup

Lifestyle menjadi bagian yang turut andil dalam memicu timbulnya kanker, pada kanker jenis apapun. Merokok, alkohol, dan pola hidup lainnya yang tidak sehat disebut-sebut sebagai hal yang dapat memperbesar resiko terkena kanker.

Kontrasepsi Hormonal

Pemakaian kontrasepsi hormonal juga dapat mempengaruhi tingkat resiko terkena kanker semakin besar, terutama pada wanita usia tua. Namun, karena sebagian besar pengguna adalah wanita yang berusia relatif muda, maka mengurangi tingkat resiko.

Faktor-faktor inilah yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara, terutama pada wanita. Memang ada hal-hal yang tidak bisa dihindari, misalnya saja faktor genetik. Namun, sebagian besar faktor yang lain sebenarnya dapat kita kendalikan dengan menjalankan gaya hidup yang lebih sehat dan bijaksana dalam menjaga kesehatan diri sendiri. Kesehatan kita, kita sendirilah yang bertanggung jawab.

BACA JUGA: 4 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara


Santi Berlinawati

Santi Berlinawati