Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Wajib Tahu! 10 Serba Serbi tentang Jerawat Ini Rupanya Hanyalah Mitos

Kamu pasti sering mendengar hal-hal yang beredar tentang jerawat dan membuatmu paranoid, ladies!

Leonita Nerisa

Jerawat memang menjadi musuh bagi wanita nomer satu, karena jerawat seringkali timbul dan mengganggu penampilan. Penyebab jerawat memang bermacam-macam dan seringkali tidak kita sadari. Kalau berbicara mengenai jerawat memang tidak ada habisnya. Setiap orang pun mempunyai cara menyembuhkan jerawat yang berbeda-beda. Namun, tahukah kamu bahwa serba-serbi yang banyak beredar tentang jerawat tidak semuanya benar, ladies! Agar kamu tidak terjebak dalam mitos-mitos yang tidak penting, yuk simak selengkapnya!

Mitos 1: Obat Jerawat Dipakai Sebelum Tidur

Obat jerawat

Obat jerawat sebenarnya memang bisa dipakai sebelum tidur, tetapi akan lebih baik jika digunakan pada pagi hari juga. Jika kamu mengoleskan minyak jerawat di pagi hari, kulit memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan di siang hari pada malam hari sehingga obat jerawat dapat membantu mengendalikan produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Mitos 2: Salicylic Acid dan Benzoyl Peroksida Itu Sama

Obat jerawat

Memang kedua bahan ini sama-sama dapat mengobati jerawat. Tetapi, salicylic acid membersihkan komedo dan menghapus minyak berlebih di kulit sehingga penggunaannya paling baik sebagai sabun cuci muka dan krim wajah. Sedangkan benzoyl peroksida adalah anti bakterial sehingga ideal untuk mengobati jerawat - jerawat yang sedang aktif.

Mitos 3: Jerawat Hanya Muncul pada Remaja Saja

Jerawat

Faktanya jerawat yang muncul pada remaja muncul karena hormon. Jerawat masih bisa timbul pada wajah orang dewasa sampai kita menopause karena berbagai macam penyebab. Penyebab lain yaitu stres, polusi, obat jerawat dan make up yang salah. Bahkan beberapa wanita dewasa juga masih mengalami timbulnya jerawat yang disebabkan oleh tutun naiknya hormon.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dalam 1 Minggu

Mitos 4: Junk Food Tidak Membuat Jerawat

Junk food

Hal ini hanyalah mitos. Faktanya, makanan yang tinggi glycemic seperti permen, roti tawar, dan keripik dapat memicu insulin menstimulasi produksi minyak yang berujung menjadi jerawat. Namun, perlu diketahui bahwa zat Omega-3 dari ikan dapat membantu menenangkan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat.

Mitos 5: Tidak Apa-Apa Memencet Jerawat

Memencet jerawat

Jerawat yang sudah matang dan memerah memang rasanya gemas ingin memencetnya. Memencet jerawat malah akan membuat bakteri masuk jauh ke dalam pori-pori dan akan tertinggal di dalam pori-pori dan mengeluarkan imun sistem yang akan memerangi bakteri kemudian akan membuat bekas jerawat yang dipencet menjadi meninggalkan luka.

Sebaiknya kamu mengoleskan es batu ke jerawat untuk mengurangi radang pada jerawat. Gunakan krim yang mengandung benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri, salicyl acid dapat membantu sel kulit mati melonggar, dan sulfur akan mengurangi bengkak dan kemerahan.

Tagged in:
Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait