Kawaii Beauty Japan

Hair

Untuk Merawat Rambut Sehat, Perlu Sering Gonta-ganti Sampo, Benarkah?

Kita perlu gonta-ganti sampo agar rambut tetap berkilau dan bervolum. Fakta atau hanya mitos?

Leonita Nerisa

Pernahkah kamu mendengar untuk mendapatkan rambut yang berkilau dan bervolum adalah dengan sering mengganti sampomu secara berkala? Apakah hal ini benar atau cuma mitos belaka? Sebelum mengganti sampo-mu lagi, perhatikan dulu hal berikut ini.

Temukan Penyebab Rambut Menjadi Lepek

Sebelum kamu mengganti sampo sehari-harimu, sebaiknya kamu telusuri dahulu apa yang menyebabkan rambutmu menjadi lepek. Setiap orang mempunyai jenis rambut yang berbeda dan menggunakan sampo yang salah atau tidak sesuai dengan kondisi rambutmu dapat menyebabkan permasalahan pada rambut. Jika kamu berjenis rambut keriting, kamu dapat memakai sampo yang mempunyai fungsi untuk mempertahankan keriting, untuk kamu yang  bermasalah dengan rambut rusak atau kering dapat menggunakan sampo yang mengandung banyak pelembap (extra moisture).

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya seperti perubahan musim, air yang digunakan untuk keramas hingga perubahan hormon. Hal-hal ini juga dapat mempengerahu kesehatan rambut dan kulit kepalamu.

Jangan Terlalu Banyak Keramas

Untuk kamu yang suka berolahraga, mungkin kamu langsung ingin segera keramas dengan pemikiran agar rambut tidak lepek dan tidak bervolum. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar lho! Keringat adalah air bukan kotoran, minyak adalah kotoran, untuk itu kamu bisa saja menggunakan dry shampoo yang bubuknya dapat menyerap minyak sehingga rambut menjadi lebih bervolum tanpa perlu keramas.

Tips lainnya adalah dengan memfokuskan area batang dan ujung rambut dengan conditioner. Dengan begitu, area akar rambut akan lebih “bangun” dan juga kamu mendapatkan rambut sehat dan berkilau pada batang rambut hingga ke ujung rambut.

Gunakan Clarifying Shampoo Sebulan Dua Kali

Bayangkan kamu memulai hari dengan rambut yang bersih, sehat dan berkilau, kemudian kamu melewati dua hari tanpa mencucinya. Lalu, kamu menggunakan beberapa produk untuk mempertahankan penampilan rambut agar tetap cantik, mulai dari dry shampoo hingga alat-alat penata rambut seperti hair dryer, pengeriting rambut, dan lainnya. Bayangkan berapa banyak rambut menampung kotoran pada rambutmu! 

Untuk itu, kamu tentunya perlu sampo yang dapat membuat rambut menjadi sangat bersih dan kembali sehat. Clarifying Shampoo berguna untuk membersihkan secara mendalam semua kotoran yang sudah menumpuk di kepala dan rambutmu. Untuk kamu yang mewarnai rambut, perlu diperhatikan jika sampo jenis ini dapat membuat warna cat rambut lebih cepat luntur, sehingga dianjurkan untuk memakainya tidak terlalu sering.

Satu hal yang pasti, rambutmu tidak dapat menjadi kebal karena menggunakan sampo yang sama terus menurus, banyak faktor lain yang menyebabkan sampo favoritmu menghasilkan hasil yang tidak sama lagi di rambutmu.

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait