Kawaii Beauty Japan

Diet

Minum Air Putih Dapat Menurunkan Berat Badan? Simak Ulasannya di Sini

Mendapatkan berat badan yang ideal adalah idaman dari semua wanita. Namun, apakah pernah terpikirkan olehmu bahwa hanya dengan minum air putih dapat menurunkan berat badanmu dengan efektif?

Santi Berlinawati

Minum air putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Inggris menemukan hubungan antara minum air putih sebelum makan dengan penurunan berat badan. Studi ini melibatkan sejumlah orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan. Mereka diminta untuk mengonsumsi menu dengan jumlah kalori yang lebih sedikit dan mengawali rutinitas makan mereka dengan minum 16 ons air putih atau sekitar 2 gelas kecil air putih 30 menit sebelum makan.

Benarkah Minum Air Putih Dapat Mengurangi Berat Badan?

Hasil dari studi tersebut cukup mencengangkan. Setelah 12 minggu, peserta yang minum air putih sebelum makan ternyata mampu menurunkan berat badan 3 pounds atau sekitar 1,4 kg lebih banyak dibandingkan peserta yang hanya melakukan diet kalori saja. Alasannya simpel sekali, air membuat perut kenyang duluan, sehingga porsi makan yang dikonsumsi pun lebih sedikit.    

Meski banyak dari kita yang sangat ingin menurunkan berat badan, namun tak semuanya memiliki komitmen yang kuat untuk menjalani diet. Bahkan banyak yang merasa ketika mereka berusaha mengurangi porsi makan atau menghindari makanan yang manis-manis, keinginan untuk makan makanan tersebut justru semakin bertambah. Lalu, dengan mengadopsi hasil penelitian di atas, apakah bisa berat badan kita turun dengan minum air putih sebelum makan, namun tanpa diet kalori? Akankah hasilnya sama? Apakah nafsu makan juga berkurang?

Minum Air Putih Sebelum Makan Tanpa Diet, Apakah Hasilnya Sama?

Seorang profesor di Department of Human Nutrition, Foods, and Exercise di College of Agriculture and Life Sciences, Virginia Tech di Blacksburg, Virginia, dan penulis senior penelitian membuktikan bahwa dari penelitiannya yang dilakukan terhadap 48 relawan pria dan wanita yang sedang diet dengan mengurangi asupan kalori sebesar 75-90 kalor perhari dibarengi dengan minum air dua gelas tiap sebelum makan, menemukan bahwa setelah 12 minggu, mereka berhasil mengurangi berat badan lebih banyak sekitar 2,2 kg dibandingkan dengan pelaku diet yang tidak terhidrasi dengan baik.

Agar kamu dapat turun dengan efektif, kamu harus membiasakan diri untuk minum air putih 30 menit setiap sebelum makan. Nantinya, kamu akan merasa lebih kenyang ketika makan. Jika kamu rutin minum air putih sebelum makan, kamu dapat menurunkan berat badanmu dalam jangka waktu dua minggu tanpa melakukan diet kalori dengan hasil berat badan turun sekitar 1.5 pounds atau sekitar 0,7 kg selama dua minggu. Jadi, bisa disimpulkan bahwa minum air putih sebelum makan memang sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Apalagi jika dikombinasikan dengan diet dan latihan yang tepat, pasti bentuk tubuh semakin ideal. Selamat mencobanya, ladies.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait