Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Ingin Bebas Stres dan Tampil Prima? Zat Inilah yang Kamu Butuhkan!

Siapa sih yang tidak ingin selalu bebas stres dan tampil prima? Ternyata untuk demikian, caranya mudah! Kamu tinggal mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini.

Melisa

Hal apa sih yang pertama kali terlintas di benakmu saat mendengar kata “magnesium”?

Tidak jauh berbeda dengan jenis mineral lainnya, magnesium adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa organ tubuh seperti jantung, ginjal dan otot memerlukan magnesium dalam jumlah yang seimbang untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Jadi, ingin tahu lebih banyak tentang manfaat magnesium bagi tubuhmu? Yuk, simak artikel ini selengkpanya!

Kekurangan Magnesium Ternyata Sulit Dideteksi

Sebagian besar cadangan magnesium dalam tubuh ternyata tersimpan pada tulang dan organ tubuh lainnya. Hal inilah yang mengakibatkan tes darah tidak dapat mendeteksi kondisi kekurangan magnesium secara maksimal. Sebab, hanya 1% cadangan magnesium dalam tubuh yang beredar ke seluruh tubuh bersama dengan aliran darah.

Penelitian mengenai angka kecukupan magnesium pada masyarakat Amerika Serikat menunjukkan bahwa 80% orang Amerika mengalami kondisi kekurangan magnesium. Kebutuhan magnesium dengan porsi 310 hingga 320 mg untuk wanita dan 400 hingga 420 mg untuk pria harus mulai diperhatikan dan dipenuhi melalui mengonsumsi makanan bergizi.

Magnesium Dapat Meminimalkan Risiko Berbagai Penyakit

Perannya yang penting dalam mendukung kinerja otot, membantu pembentukan energi dan memaksimalkan kinerja sistem syaraf membuat magnesium menjadi salah satu zat mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Menurut buku Magnesium Miracle yang ditulis oleh Dr. Dean berdasarkan hasil riset tentang magnesium selama 15 tahun, kondisi kekurangan magnesium bisa meningkatkan 22 risiko penyakit. Beberapa penyakit tersebut antara lain :

  • Masalah pencernaan dan sembelit
  • Kram dan gangguan otot
  • Depresi
  • Asma
  • Kerusakan gigi
  • Gangguan organ reproduksi
  • Mudah lelah
  • Hipertensi
  • Diabetes

Waktunya Mengonsumsi Makanan yang Kaya Magnesium

Kalau kamu merasa selama ini pola hidupmu kurang sehat dan merasa mengalami gejala penyakit karena kekurangan magnesium, kamu tidak perlu khawatir! Karena tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat dari sekarang.

Sekarang kamu bisa mulai mengonsumsi makanan yang kaya magnesium seperti bayam, rumput laut, kacang almond, kacang mede, kacang kedelai, ikan salmon dan aneka jenis ikan laut lainnya, alpukat dan pisang. Seluruh bahan makanan yang lezat tersebut ternyata tidak hanya memuaskan seleramu tapi juga bisa memberikan asupan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Kalau kamu merasa sudah memenuhi asupan magnesium bagi tubuhmu, berarti kamu sudah menjalankan pola makan sehat secara disiplin dan konsisten. Jangan lupa lengkapi pola makan sehat dengan aktivitas fisik supaya penampilanmu jadi makin prima dan bebas stres sepanjang hari. Yuk, mulai hidup sehat!

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy