Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Jangan Tertipu! Krim Pemutih Wajah yang Aman Tidak Memiliki 4 Zat Ini

Memiliki kulit wajah yang putih memang bisa didapatkan dengan menggunakan krim pemutih wajah. Eits, tapi perhatikan dulu kandungan zatnya lho!

Wikan Saputri

Meskipun kulit putih bukanlah syarat utama kecantikan, masih banyak wanita Asia dan Afrika yang mengidentikkan cantik dengan kulit yang putih bersinar. Hal itulah yang menyebabkan banyaknya produk pemutih kulit seolah-olah menjadi kebutuhan pokok wanita dan sangat laku di pasaran. Padahal, banyak di antara produk-produk tersebut yang mengandung zat berbahaya yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan kulit dan tubuhmu, ladies! Jangan sampai karena saking tingginya keinginanmu untuk memutihkan wajah, jangan sampai kamu asal menggunakan krim pemutih wajah lho karena krim pemutih wajah yang aman tidak memiliki zat-zat ini lho! Zat apa sajakah itu?

Hidrokinon (Hydroquinone)

Memang benar, hidrokinon terbukti dapat mencerahkan kulit wajah dalam jangka waktu yang cukup singkat. Cara kerjanya adalah dengan menghambat produksi melanin agar kulit tampak cerah. Tapi, tahukah kamu jika hidrokinon hanya boleh digunakan sebanyak 2% saja? Kadar hidrokinon yang tinggi atau pemakaian dalam jangka panjang akan mengakibatkan berbagai macam penyakit mematikan, lho ladies! Antara lain, yaitu gagal ginjal, kanker darah atau leukemia, dan kelainan fungsi hati.

Merkuri atau Air Raksa

Cara kerja merkuri adalah dengan mengerutkan noda hitam pada kulit, sehingga seolah-ola kulit akan menjadi lebih putih dan cerah. Padahal, jika pemakaiannya dihentikan, maka noda hitam akan kembali muncul ke permukaan, bahkan dengan ukuran yang lebih lebar. Merkuri mungkin merupakan zat berbahaya yang paling terkenal berdampak buruk begi kesehatan manusia. Pasalnya, meskipun hanya dalam jumlah yang sangat sedikit, penggunaan merkuri akan bisa menimbulkan banyak penyakit yang mematikan. Efek jangka pendek penggunaannya antara lain yaitu, timbulnya iritasi kulit ringan, mual, muntah, serta diare. Untuk pemakaian dalam jangka panjang, merkuri dapat menyebabkan kerusakan otak, kanker, gagal ginjal, Alzheimer, Parkinson, gangguan perkembangan janin. Nama merkuri yang terkandung dalam komposisi cream pemutih, antara lain Hg, klorida mercurous, merkuri amoniasi, klorida amida, cinnabaris, hydrargyri oxydum rubrum (merkuri oksida), dan merkuri iodide.

BACA JUGA: Waspada 8 Ciri Krim Pemutih Wajah Berbahaya Menurut BPOM

Rhodamin B

Rhodamin B jelas sangat efektif memutihkan kulit, karena sejatinya zat ini merupakan pewarna tekstil dan kertas untuk memberikan efek putih bersih pada kain. Zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhmu, ladies! Pasalnya, zat ini bukan ditujukan untuk kulit manusia, sehingga bisa mengakibatkan timbulnya penyakit serius, seperti iritasi saluran pernafasan, kanker, dan kerusakan hati.

Tretinoin atau Asam Retinoid (retinoid acid)

Zat berbahaya yang satu ini mungkin secara tidak sadar sering kita temui pada produk pemutih kulit dan anti jerawat. Tretinoin memang bisa mencerahkan kulit dalam waktu singkat dengan efek samping yang bisa langsung terasa setelah penggunaannya, seperti kulit terbakar dan kulit kering. Jika dipergunakan untuk pemakaian jangka panjang, tretinoin dapat menyebabkan teratogenik atau cacat pada janin.

Nah, itulah beberapa nama zat berbahaya yang terkandung dalam produk pemutih kulit, ladies! Selalu perhatikan karena krim pemutih wajah maupun kulit yang aman tidak memiliki zat tersebut. Jika dalam produk pemutih yang kamu pakai sekarang terdapat nama zat berbahaya tersebut di atas, sebaiknya hentikan pemakaiannya sekarang juga ya! Ingat ya, ladies, cantik itu tak harus putih, kok! Semoga bermanfaat!

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait