Foto Waspada 8 Ciri Krim Pemutih Wajah Berbahaya Menurut BPOM

Waspada 8 Ciri Krim Pemutih Wajah Berbahaya Menurut BPOM

Foto Marga Apsari
Memiliki kulit wajah yang putih cerah mungkin merupakan impian banyak wanita. Tapi hati-hati dalam memilih produk pemutih ya!

Saat ini, sudah banyak produk pemutih wajah yang berjualan di pasaran. Mulai dari yang dijual di toko obat resmi, sampai dengan di klinik-klinik kecantikan. Produk-produk pemutih wajah ini kerap laku di kalangan wanita karena keinginan yang tinggi untuk memiliki kulit wajah yang putih cerah.

Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih krim pemutih wajah, ladies! Banyak krim pemutih wajah yang dijual di pasaran memang aman untuk digunakan. Meski terkadang harganya agak sulit dijangkau oleh semua kalangan. Terlebih, banyak wanita yang ingin hasil yang instan, dan berahil ke krim pemutih wajah yang ternyata dapat membahayakan kesehatan dan malah merusak kecantikan alami wajah!

8 Ciri Krim Pemutih Wajah Berbahaya Menurut BPOM

Berikut ini adalah beberapa ciri krim pemutih wajah yang berbahaya menurut BPOM dan sebaiknya kamu hindari:

1. Tidak terdaftar di BPOM

Krim pemutih wajah yang aman adalah krim yang telah mendapatkan lisensi dan terdaftar di BPOM. Cara mudah memilih krim pemutih wajah yang aman adalah dengan melihat ada atau tidaknya nomor BPOM pada kemasan. Meskipun begitu, kamu juga perlu tetap cermat dalam memilih, ladies! Beberapa produsen ada yang cukup 'nakal' untuk mencantumkan nomor BPOM agar terlihat seperti asli. Untuk mengatasi ini, kamu bisa melihat daftar kosmetik yang aman dan terdaftar melalui situs resmi BPOM.

2. Wangi Krim yang Menyengat

Krim pemutih wajah yang mengandung merkuri biasanya memilki bau logam yang tajam. Produsen biasanya sulit mengelak hal ini, dan akhirnya mencampurnya dengan pardum secara berlebihan. Tujuannya agar bau logam merkuri tak begitu terasa. Kamu bisa mencoba mencium bau krim pemutih sebelum membelinya, jika wanginya berlebihan dan tidak dapat kamu tolerir, ada baiknya kamu mengurungkan niatmu untuk membelinya.

3. Warna Krim yang Mengkilap

Krim yang telah memiliki izin BPOM memiliki warna yang biasa saja saat kemasannya dibuka. Sebaliknya, krim pemutih wajah yang palsu dan berbahaya biasanya memiliki warna yang mengkilap. Hal ini dikarenakan krim tersebut dibuat dari pewarna tekstil atau pewarna buatan lain yang membahayakn kulit.

4. Krim Terasa Lengket dan Tak Dapat Tercampur Rata

Umumnya, tekstur krim pemutih wajah yang palsu agak bagian yang sedikit keras atau kasar dan tak dapat tercampur secara merata saat diaplikasikan. Setelah dipakai, kulit juga akan terasa lengket. 

5. Perih dan Panas Saat Digunakan

Penggunaan krim memang cocok-cocokan dengan kondisi kulit. Beberapa orang bisa saja mengalami kulit yang mengelupas atau terasa sedikit panas saat menggunakan krim wajah yang tidak cocok. Namun, krim pemutih wajah yang palsu akan terasa lebih panas dibandingkan alergi pada umumnya. Selain itu, krim pasu juga dapat meninggalkan bekas luka pada wajah. Apabila kamu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, bisa menimbulkan penyakit kulit yang lebih serius.

6. Saat Terpapar Sinar Matahari, Kulit Jadi Merah

Penggunaan krim wajah yang tepat dapat membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Namun, lain ceritanya jika kamu menggunakan kirm pemutih wajah yang palsu. Bisa saja muncul bekas kemerahan saat kamu beraktivitas di luar ruangan, di bawah sinar matahari. Kebanyakan krim pemutih wajah palsu ini memiliki kandungan yang berbahaya dan dapat mengupas bagian epidermis kulit.

7. Hasilnya Terlalu Instan

Sesuatu yang serba instan belum tentu baik, ladies! Kamu harus berhati-hati dengan krim pemutih wajah yang dapat memberikan hasil luar biasa dalam waktu yang sangat singkat. Menggunakan krim yang terlalu instan seperti ini dalam jangka waktu yang panjang dapat mengikis kulit dan menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Lebih baik kamu gunakan krim pemutih wajah bersertifikasi BPOM yang memutihkan wajah secara bertahap.

8. Hasil yang Terlalu Putih

Krim pemutih yang asli biasanya hanya dapat memutihkan kulit sebatas warna pergelangan tangan bagian dalam. Hasil akhirnya adalah kulit wajah yang putih dan segar. Lain halnya dengan krim pemutih wajah yang palsu. Warna kulit wajah yang dihasilkannya adalah putih pucat. Bahkan, warna putihnya akan sangat bertabrakan dengan warna kulit leher dan bagian tubuh lainnya.


Krim pemutih wajah yang palsu dan membahayakan kesehatan kulitmu, ladies! So, saat 8 ciri-ciri di atas mulai tampak setelah penggunaan krim pemutih wajahmu, pastikan kamu langsung menghentikan pemakaian, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya!

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini