Kawaii Beauty Japan

Hair

Cara Mewarnai Rambut Sendiri dengan Mudah dan Rapi

Ingin tampil berbeda di tahun baru dengan warna rambut yang baru juga? Coba saja warnai rambutmu sendiri di rumah agar lebih hemat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan tips berikut ini.

Santi Berlinawati

Mewarnai rambut sendiri bisa jadi solusi tepat kalau kamu merasa biaya yang harus dikeluarkan untuk mewarnai rambut di salon terlalu besar. Melalui langkah-langkah yang tepat, hasil pewarnaan rambut sendiri pun tak kalah indahnya dengan hasil pewarnaan rambut di salon. Hanya saja, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting untuk mendapatkan warna rambut yang cantik sesuai dengan keinginanmu.

Untuk kamu yang ingin mewarnai rambut kamu sendiri, kamu juga bisa lho mewarnai rambut kamu sendiri dengan mudah dan rapi. Yuk simak ini adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika mewarnai rambut sendiri.

Pilih Warna Yang Lebih Terang

Rambut warna terang

Kalau kamu tidak yakin apakah harus memilih warna yang lebih terang atau lebih gelap dari warna asli rambutmu, solusinya sangatlah mudah. Selalu pilih warna yang lebih terang. Kesalahan terbesar dalam memilih warna pewarna rambut adalah memilih warna yang terlalu gelap. Alasannya adalah akan jauh lebih mudah untuk mengoreksi warna rambut yang lebih terang dibandingkan warna yang lebih gelap.

Jangan Takut dengan Warna-warna Ash

Ash hair

Warna ash sering diartikan sempit sebagai warna kelabu atau abu-abu, yang pastinya banyak dihindari. Padahal, nuansa ash justru bisa mengurangi efek brass pada rambutmu, yang biasanya berupa warna keemasan, orange, atau kekuningan. Jadi, tak ada salahnya mencoba warna ini.

Jangan Melakukan Perubahan Warna yang Terlalu Ekstrim

Warna hitam

Mewarnai rambut sendiri bisa membuat penampilanmu sangat berbeda. Namun, bukan berarti juga kamu bisa begitu saja mengubah warna gelap rambutmu menjadi pirang terang dalam hitungan menit. Hal terpenting yang harus kamu ingat ketika mewarnai rambut di rumah adalah pilihlah warna 2 tingkat lebih terang dari warna asli rambutmu. Kalau kamu ingin warna yang sangat terang, kamu harus melakukan bleaching, bleaching-pun sebaiknya dilakukan oleh hairstylist professional.

Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Membagi rambut

Sepertinya memang lebih cepat mengaplikasikan pewarna rambut tanpa membagi rambut terlebih dahulu. Akan tetapi, sebaiknya kamu tak melewatkan langkah ini karena warna rambutmu bisa jadi tidak rata. Jadi, bagi rambut menjadi beberapa bagian ketika mewarnainya untuk memastikan pewarna rambut sudah mengenai semua bagian rambut.

Baca Aturan Pakainya

Aturan pakai

Apapun produk pewarna rambut yang kamu pakai, pastikan kamu mengikuti instruksi yang tertera di kemasannya. Pewarna rambut mengandung bahan-bahan kimia yang mudah bereaksi, sehingga jangan sampai salah mengaplikasikannya kalau tak ingin rambutmu bermasalah. Meskipun kamu sudah pernah memakai produk yang sama, tak ada salahnya memeriksa lagi instruksinya. Siapa tahu ada formula yang yang sudah diperbarui.

Bedakan Cara Mewarnai Bagian Akar dan Ujung Rambut

Mewarnai rambut

Sumber: Realsimple

Jika rambutmu sudah beruban di bagian akarnya, maka kamu perlu memperlakukan kedua bagian tersebut secara berbeda. Begitu juga kalau sebelumnya rambutmu sudah kamu warnai. Kamu harus fokus untuk touch-up bagian akar. Kalau ini kasusnya, kamu tak perlu membeli pewarna rambut biasa. Kamu cukup membeli root touch-up kit yang bisa digunakan untuk mewarnai bagian akar rambutmu saja.

Jangan Membiarkan Pewarna Rambut Terlalu Lama

Pewarna rambut

Sumber: Sheknows

Setiap produk pewarna rambut memiliki aturan yang berbeda, termasuk lamanya waktu yang diperlukan ketika mengaplikasikannya. Itulah pentingnya membaca dan mengikuti instruksi yang tertera di tiap produk. Atur timer sesuai dengan instruksinya. Jika terlalu lama, rambutmu bisa lepek, rusak, bahkan seperti terbakar.

Selamat mencoba!

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait