Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Bahaya Lemak Perut dan Cara Mengatasinya

Banyak orang yang ingin menghilangkan lemak perut demi terlihat langsing. Namun tidak banyak yang tahu bahwa selain alasan keindahan, lemak perut memang harus diatasi karena bisa menimbulkan bahaya.

Santi Berlinawati

Lemak perut sebenarnya merupakan salah satu jenis lemak yang paling berbahaya. Perut buncit tak hanya membuatmu tidak percaya diri, namun ternyata juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit-penyakit dalam pada tubuh seseorang.

Tidak Semua Lemak Perut Itu Sama

Lemak perut terdiri dari lemak subcutaneous dan lemak visceral. Lemak subcutaneous adalah lemak perut yang terletak di bawah lapisan kulit. Sedangkan lemak visceral letaknya lebih ke dalam, di bawah otot serta di sekitar organ-organ vital di dalam tubuh.

Bahaya Lemak Perut bagi Tubuh

Lemak visceral sangat berbahaya karena memproduksi racun yang dapat mempengaruhi fungsi-fungsi tubuhmu. Misalnya saja zat sitokin yang akan menaikkan resikomu terkena serangan jantung dan diabetes. Selain itu, sitokin juga bisa memicu inflamasi sehingga bisa mengakibatkan kanker, termasuk kanker usus besar, pankreas, dan kerongkongan.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui apakah lemak yang ada diperutmu berbahaya atau tidak? Jawabannya mudah sekali. Tak perlu melakukan tes darah atau scan. Cukup ukur lingkar pinggangmu saja. Semakin besar ukurannya, semakin besar pula ancamannya bagi kesehatanmu. Untuk wanita, lingkar pinggang di atas 34 inch atau sekitar 86 cm dianggap perlu diwaspadai. Sedangkan untuk pria, perhatikan jika angka sudah melewati 38 inch atau sekitar 96 cm.

Bahkan jika kamu merasa berat badanmu tidak banyak naik namun celanamu tidak muat lagi, kamu juga harus mulai memperhatikan lemak perutmu. Kalau sudah begitu, kamu sebaiknya mulai menguranginya. Kamu bisa mengkonsumsi suplemen peluruh lemak perut jika memang perlu.

Cara Mengurangi Lemak Perut

Mengurangi ukuran lingkar pinggang memang bukan hal yang mudah dan cukup menantang. Namun kamu tetap harus melakukannya jika ingin memiliki tubuh yang lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi dan mengontrol lemak perutmu:

Banyak Konsumsi Sayuran

Cara Menguruangi Lemak Perut - Konsumsi Sayuran

Kamu harus mengkonsumsi sayuran setidaknya separuh dari isi piringmu, terutama pada saat makan besar. Hindari jenis sayuran yang banyak mengandung tepung. Pilih sayuran berdaun hijau, brokoli, dan buncis-buncisan dibandingkan kentang, jagung, atau wortel yang mengandung banyak karbohidrat.

Pilih Suplemen Yang Tepat

Cara Mengurangi Lemak Perut - Pilih Supplement yang Tepat

Tidak semua suplemen bekerja dengan efektif seperti yang mereka iklankan. Pilihlah suplemen yang memang dikhususkan untuk mengurangi lemak perut. Misalnya saja suplemen dengan kandungan Caralluma Fimbriata, Lychee Exctract, Green Tea, atau Irvingia gabonensis yang sudah terbukti secara klinis efektif mengatasi lemak di perut.  

Hindari Makanan Olahan

Cara Menguranngi Lemak Perut - Hindari Makanan Olahan

Jelas sekali kalau makanan olahan bukanlah sahabat yang baik kalau kamu ingin menghilangkan lemak di perut. Makanan-makanan olahan banyak mengandung lemak trans, gula, dan garam yang pasti akan membuat perutmu semakin menggelembung karena lemak.

Hindari Stres

Cara Mengatasi Lemak Perut - Peace of Mind

Apa hubungan antara stres dan lemak perut? Hormon kortisol yang berkaitan dengan stres dapat merusak pola makan dan olahragamu. Cadangan lemak pun akan berkumpul di daerah sekitar perut. Untuk mengatasinya, lakukan meditasi atau olahraga yang merupakan cara tepat untuk menurunkan level stres sehingga tidak membahayakanmu.

Well ladies, memang tubuh ideal itu tidak hanya cantik, namun juga sehat.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy