Kawaii Beauty Japan

Health

8 Mitos Tentang Kesehatan Payudara Wanita yang Terlanjur Banyak Dipercaya

Jangan asal percaya dengan mitos yang banyak beredar di masyarakat, ladies! Cek dulu kebenarannya!

Hikma Adriani

Payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang rentan terkena penyakit. Terutama bahaya kanker payudara yang lebih banyak mengintai wanita daripada pria. Hal ini membuat banyak sekali membuat info tentang payudara yang rupanya hanyalah mitos dan sudah terlanjur banyak dipercaya oleh wanita. Nah, agar kamu tidak terjebak dalam informasi yang salah, yuk ketahui mitos-mitos ini.

8 Mitos Tentang Kesehatan Payudara Wanita yang Terlanjur Banyak Dipercaya

Setidaknya terdapat beberapa mitos yang sebaiknya tidak kamu percayai untuk membantumu memiliki payudara yang sehat dan bebas dari penyakit mematikan seperti kanker payudara.

Mitos 1: Menyusui Bisa Merusak Bentuk Payudara

Menyusui

Menyusui tidak akan merusak bentuk payudaramu sebab payudaramu bisa berubah ketika kamu hamil dan kelenjar susu memproduksi air susu, meskipun kamu memutuskan untuk tidak menyusui. Justru penelitian menunjukkan bahwa menyusui bisa melindungi payudaramu dengan mengurangi risiko kanker payudara.

Mitos 2: Lari, Lompat, dan Olahraga Berat Lain Bisa Membahayakan Payudara

Lompat

Sebenarnya, penuaanlah yang akan merusak payudaramu. Tidak ada penelitian yang menunjukkan hasil bahwa olahraga bisa membuat payudara kendur atau bahkan melukainya. Bertambahnya usia adalah penyebab utama bentuk payudaramu mengalami perubahan. Jadi, pada dasarnya payudaramu tetap akan berubah bentuk ketika kamu beranjak tua. Olahraga justru penting untuk menjaga kesehatan dan membuatmu hidup lebih panjang.

Mitos 3: Kamu Bisa Merasakan atau Melihatnya Sendiri Ketika Kamu Terkena Kanker Payudara

Kanker payudara

Biasanya kita sering memeriksa benjolan atau bercermin untuk melihat apakah ada sesuatu yang terjadi dengan payudara kita. Tetapi, mammography justru sangat disarankan untuk mengetahui secara lebih mendalam bagaimana kesehatan payudaramu. Kunjungi dokter ahli atau spesialis agar kamu bisa berkonsultasi.

BACA JUGA: 7 Tips Perawatan Payudara agar Tidak Mengendur

Mitos 4: Wanita Berpayudara Kecil Tidak Perlu Memakai Bra

Aneka macam bra

Hal yang menentukan apakah kamu sebaiknya memakai bra atau tidak adalah dirimu sendiri. Ada wanita yang lebih suka memakai bra dan ada pula yang merasa lebih nyaman ketika tidak memakainya. Tetapi, ada beberapa jenis bra yang justru menyebabkan sakit leher, bahu, dan tulang belakang. Selain itu, tidak ada alasan kesehatan yang menyarankan memakai bra ukuran berapa untuk menyokong payudaramu, semua tergantung kenyamanan masing-masing.

Mitos 5: Bra Berkawat Bisa Memicu Kanker Payudara

Memakai bra berkawat

Setiap wanita yang memakai bra pasti mendengar tentang ini. Menurut seorang pakar payudara, Denduluri Neerima, M.D., dokter dalam bidang Medical Oncology, Hematology and Internal Medicine melalui She Knows mengungkapkan bahwa faktanya, bra berkawat tidak menyebabkan kanker payudara. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan bisa tetap memakai bra berkawat.

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait