Kawaii Beauty Japan

Health

7 Makanan yang Bisa Menjadi Penyelamatmu Ketika Nyeri Saat Haid

Bukan hanya teh hangat dan es krim saja yang bisa membuat perut kamu menjadi

Hikma Adriani

Bagi wanita menstruasi adalah suatu hal yang pasti dihadapi setiap bulannya. Untuk melewatinya juga tidak mudah, kita seringkali harus merasakan kram pada perut bagian bawah. Tidak hanya kram, kita juga harus seringkali merasakan perubahan emosi yang tidak stabil. Biasanya untuk meredakannya kita seringkali mengatasinya dengan makan es krim agar merasa sedikit lebih baik.

Mengalami kram ketika sedang menstruasi memang terasa tidak nyaman. Namun, untuk mengatasinya bukan hanya dengan makan es krim saja lho karena makan es krim yang terlalu banyak bisa membuat berat badan menjadi lebih gemuk. Tidak hanya itu gula buatannya juga tidak bagus untuk tubuh. Nah, agar nyeri pada saat haid kamu bisa mereda kamu perlu makanan-makanan ini, ladies. Yuk, simak!

7 Makanan yang Bisa Menjadi Penyelamatmu Ketika Nyeri Saat Haid

Makan makanan sehat ini lebih baik dibandingkan makan es krim lho, ladies!

1. Salmon

Salmon

Lemak ikan sangat baik untuk mengatasi nyeri saat PMS. Salmon merupakan sumber vitamin D terbaik yang telah memberikan hasil mampu mengurangi depresi dan inflamasi. Vitamin D juga baik untuk mengatasi keram. Salmon mengandung banyak sekali anti-peradangan dan omega 3 sebagai protein yang mengontrol gula darah dan rasa lapar.

2. Telur

Telur

Seperti salmon, telur menawarkan omega 3, vitamin D, dan protein. Protein hewani seperti telur dan salmon juga mengandung tryptophan yang memproduksi serotonin, yaitu hormon yang membuat mood kita tetap stabil.

3. Sayuran Hijau Tua

Sayuran hijau

Sawi, kale, dan bayam merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak sekali anti-peradangan. Magnesium yang terkandung di dalamnya membantu kesehatan otak, mood, dan mengurangi keram. Sayuran dengan warna hijau tua juga mengandung banyak sekali kalsium, serat, dan vitamin B lengkap. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin B lengkap mampu mengurangi rasa nyeri karena gejala datang bulan.

4. Walnut

Walnut

Kacang-kacangan kaya akan serat yang membantu proses pencernaan, lemak tak jenuh yang mengurangi peradangan, serta protein yang cukup. Kacang juga mengandung tryptophan untuk menstabiliasikan mood. Terlebih lagi, kacang walnut mengandung omega 3 yang justru jarang sekali terdapat pada protein hewani.

5. Jahe

Jahe

Beberapa pakar menyarankan jahe bagi para wanita yang mengalami nyeri perut selama masa menstruasi. Tumbuhan yang termasuk dalam akar-akaran ini mampu membantu proses pencernaan, mengandung banyak sekali penguat imun, dan juga anti-peradangan.

6. Cokelat Hitam

Dark chocolate

Cokelat telah diketahui sejak lama sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat periode menstruasi. Magnesium yang terkandung di dalam sebatang cokelat hitam membantu meredakan sakit kepala dan keram, serta antioksidan yang mampu melawan peradangan.

7. Buah Bit

Beetroot

Banyak yang mengatakan bahwa buah bit mengandung gula yang sangat tinggi. Namun, buah bit justru baik untuk meredakan nyeri. Buah bit kaya akan potasium yang mengurangi rasa kembung serta kandungan garam alaminya mampu meredakan keram. Selain buah bit, buah yang kaya akan warna juga mengandung antioksidan dan anti-peradangan seperti strawberry, blueberry, dan lain-lain.

Bagaimana, ladies? Sekarang nyeri saat haid kamu bisa terobati kan? Selamat mencobanya!

Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait