Kawaii Beauty Japan

Hair

7 Cara Perawatan Rambut yang Tepat agar Rambut Sehat dan Kuat

Begini caranya agar rambut kamu tumbuh sehat dan kuat, ladies.

Ayu Dewi Handayani

Kita semua pasti menginginkan rambut yang panjang, sehat dan kuat. Kamu memang bisa mendapatkan rambut yang bagus namun itu semua menggunakan bahan kimia, sehingga membuat rambut menjadi tambah rusak. Perawatan rambut membutuhkan dedikasi tinggi dan kesabaran karena prosesnya lambat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, berikut adalah cara perawatan rambut untuk memanjangkan rambut dan membuatnya tumbuh sehat dan kuat. Yuk, simak!

7 Cara Perawatan Rambut yang Tepat agar Rambut Sehat dan Kuat

Yuk, lakukan ini agar rambut kamu bisa tumbuh kuat.

1. Hindari Styling Tools yang Panas

Perawatan rambut

Sebisa mungkin hindari styling tools yang panas sebisa mungkin. Peralatan panas pada rambut dapat merusak rambut. Jika terpaksa, selalu pastikan kamu menggunakan heat protector sebelum melakukan styling karena peralatan tersebut dapat merusak rambut kamu.

2. Potong Rambut Secara Berkala

Perawatan rambut

Mungkin kamu tidak mau memotong rambut kamu karena ingin memanjangkan rambut. Namun, semakin memanjangnya rambut kamu, rambut kamu semakin tidak sehat. Potong rambut kamu setengah inchi setiap bulannya untuk mengurangi rambut bercabang. Terutama jika rambut kamu diwarnai karena akan menjadi kering dan mudah bercabang.

3. Lembapkan Rambut

Melembapkan rambut

Setelah kamu menyingkirkan rambut bercabang kamu, gunakan conditioner setelah keramas untuk mencegah rambut bercabang. Gunakan deep conditioner seminggu sekali. Minyaknya bagus untuk kulit kepala dan rambut. Gunakan minya alami yang dibutuhkan oleh rambut. Kamu harus membuat rambut kamu sehat terlebih dahulu untuk mendapatkan rambut yang panjang. Rambut yang pendek namun sehat lebih bagus daripada rambut yang panjang namun kering.

4. Makan Makanan yang Sehat

perawatan rambut

Rambut yang kering dan sehat adalah pertanda kamu makan dengan tidak sehat. Jika tubuh kamu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Selalu makan buah, sayur dan makanan kaya protein. Minum banyak air dan multivitamin untuk mendapatkan banyak nutrisi pada tubuh kamu.

5. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

perawatan rambut

Hindari menyisir ketika rambut kamu sedang basah. Rambut kamu rentan rusak jika sedang basah. Secara perlahan pijat kulit kepala kamu untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu juga jangan gesekkan handuk pada rambut kamu. Jika rambut kamu kusut ketika basah, jangan dipaksakan untuk menyisir. Sisir terbaik untuk menyisir adalah sisir kayu.

6. Ikat rambut

perawatan rambut

Jangan mengikat rambut kamu terlalu kencang karena akan merusak rambut kamu dan membuat akar menjadi lemah. Selain itu untuk melepas ikatan rambut yang kencang juga bisa merusak rambut kamu.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait