Kawaii Beauty Japan

Hair

6 Cara Mengeringkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Tanpa Hair Dryer

Buat kamu yang memiliki rambut panjang, tebal, atau keriting, pastinya sering kerepotan jika harus mengeringkan rambut ketika buru-buru. Tapi dengan 6 tips mudah ini, rambutmu pun akan lebih cepat ker

Santi Berlinawati

Ladies, mengeringkan rambut sepertinya adalah hal yang sangat sepele. Akan tetapi, sembarangan mengeringkan rambut pun ternyata juga bisa merusak keindahan rambutmu. Seringkali karena terburu-buru, tanpa pikir panjang kita menggosok-gosok rambut dengan kasar atau menggunakan hair dryer dengan panas maksimal. Padahal hal itu bisa menjadikan rambut kering, patah, dan kehilangan kilaunya.

Sebenarnya untuk mengeringkan rambut kamu tidak harus merusaknya dengan selalu menggosok-gosoknya ataupun merusaknya dengan menggunakan hair dryer yang terlalu panas.Meskipun kamu terburu-buru, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut kamu cepat kering. Apa saja tipsnya? Yuk, simak!

6 Cara Mengeringkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Tanpa Hair Dryer

Kamu bisa kok mengeringkan rambut dengan cepat tanpa perlu merusak rambut kamuladies.

1. Pakai Kondisioner dan Sisir

Memakai conditioner

Mungkin kamu belum tahu bahwa kondisioner tak hanya berfungsi untuk menghaluskan rambutmu. Kondisioner juga dapat membuat rambutmu lebih cepat kering. Kondisioner akan melapisi setiap helai rambutmu dengan silicone dan menguncinya, serta membuang air dalam prosesnya. Gunakan sisir bergigi jarang ketika mengaplikasikan kondisioner agar penggunaannya rata.

2. Gunakan Handuk yang Terbuat dari Bahan Microfiber

Handuk microfiber

Menggunakan handuk biasa untuk mengeringkan rambut tidaklah efektif. Rambutmu justru semakin riskan rusak terutama kalau kamu suka menggosok-gosok rambut basah dengan kasar atau membungkusnya dengan kencang. Gunakanlah handuk yang terbuat dari bahan microfiber yang lembut. Teksturnya yang lebih lembut mampu menyerap air dua kali lebih banyak dari handuk biasa tanpa merusak rambut. Dengan handuk ini, kamu bisa membungkus rambutmu, membuat turban, atau sekedar memerasnya dengan lembut dan membiarkannya kering sendiri.

3. Coba Plopping

Mengeringkan rambut

Untuk kamu yang berambut keriting, cobalah teknik plopping. Teknik ini tak hanya membuat rambut keritingmu lebih cepat kering, namun juga bisa menjaga bentuk alami rambutmu. Untuk melakukannya, pertama-tama gunakanlah leave-in conditioner atau styling cream pada rambut basahmu. Kemudian, ambil kaos katun dan rentangkan di atas tempat tidurmu dengan bagian leher dan lengan lebih dekat denganmu. Menunduklah di depan kaos tadi, dan baliklah rambutmu di atasnya. Ambil bagian bawah kaos dan tarik hingga ke belakang leher. Gulung bagian atas kaos ke wajah, dan ikat bagian lengannya. Biarkan selama 10-20 menit, buka dan biarkan kering dengan sendirinya.

4. Pilih Produk yang Tepat

Foamin mousse

Saat ini banyak produk yang bisa membantu rambut agar lebih cepat kering, seperti dry lotion yang akan mempercepat proses pengeringan rambutmu serta melindunginya dari panas. Atau kalau kamu sangat terburu-buru, kamu bisa menggunakan foaming mousse pada rambut basah sebelum mengeringkannya. Hal itu bisa mempercepat pengeringan, serta memberikan tekstur yang lebih cantik.

5. Gunakan Sisir yang Tepat

Sisir

Kalau kamu suka blow-dry, pastikan kamu menggunakan sisir yang tepat, yaitu yang bisa mempercepat pengeringan rambut. Misalnya saja sisir bulat dari keramik dengan lubang ventilasi yang memungkinkan udara untuk masuk melaluinya dan mengeringkan rambut. Namun, pastikan untuk selalu mengarahkan hair-dryer ke arah bawah. Kalau rambutmu tebal, kamu bisa membaginya menjadi 4 menggunakan jepit, dan mengeringkan bagian per bagian hingga selesai.

6. Turunkan Panasnya

Hair dryer

Ketika buru-buru, kamu mungkin berpikir bahwa dengan menggunakan suhu yang paling panas akan mempercepat proses pengeringannya. Padahal hal ini justru akan membuat rambutmu kering. Gunakanlah heat protectant untuk melindungi rambut. Pilih juga ionic hair dryer yang bisa menambah kilau pada rambutmu dengan mengurangi listrik statis dan memecah molekul, sehingga rambut pun lebih cepat kering. Sebelum menggunakan hair dryer pun sebaiknya kamu mengeringkan rambut dengan handuk hingga 30-40%, sehingga rambut tidak akan terlalu lama terekspos panas.

Nah, itu dia tips mengeringkan rambut ketika terburu-buru yang perlu kamu coba. Jangan lupa juga untuk selalu melindungi rambut dengan cara yang tepat.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait