Kawaii Beauty Japan

Diet

5 Gerakan Yoga Sederhana untuk Mengecilkan Perut Buncit

Selain menjaga asupan gizi, tak ada salahnya kamu juga coba melakukan 5 gerakan yoga ini.

Marga Apsari

Perut yang didambakan wanita adalah perut yang langsing sehingga dapat terlihat proporsial. Hal ini karena tidak semua wanita yang bertubuh kecil pasti memiliki perut yang langsing. Perut buncit memang bisa dimiliki oleh siapapun dengan berbagai macam bentuk tubuh. Jika kamu salah satu orang yang memiliki perut buncit, pasti sering merasa tidak percaya diri dengan kondisi kamu.

Perut buncit seringkali terasa begitu mengesalkan dan mengganggu penampilan. Walaupun sudah olahraga setiap hari dan melaksanakan diet sehat, seringkali lemak tetap bertahan di bagian perut. Untuk mempercepat proses mengatasi perut buncit ini semakin cepat, kamu bisa tambahkan yoga dalam keseharianmu, ladies.

5 Gerakan Yoga Sederhana untuk Mengecilkan Perut Buncit

Jangan hanya mengikuti gerakan yoga yang mudah saja, ladies! Yuk, belajar gerakan untuk mengecilkan perut buncit kamu.

1. Bhujang Asana

Gerakan bhujang asana atau cobra posture ini dapat membantu menguatkan otot di bagian perut serta mengecilkan perut buncit kamu. Bagian atas tubuh juga akan menjadi lebih kuat dan fleksibel. Caranya mudah, kamu hanya perlu tidur tengkurap di atas matras, dan letakkan tangan di bawah bahu. Tarik nafas lalu angkat badanmu ke atas dengan menggunakan tangan sebagai penyangga. Tahan bhujang asana ini selama 15-30 detik, lalu buang nafas sambil kembali ke posisi semula. Ulangi sebanyak 5 kali. Namun, jika kamu sedang dalam kondisi hamil atau cidera punggung, jangan lakukan gerakan ini ya, ladies.

2. Dhanurasana

Gerakan dhanurasana akan membantu menguatkan otot perut sekaligus mengatasi perut buncit. Selain itu, gerakan ini  juga dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur serta melancarkan sistem pencernaan. Pertama, rebahkan badan tengkurap di atas matras. Kemudian angkat kaki ke arah punggung dan tangkap ujung jari dengan tangan. Selanjutnya, tarik nafas dalam-dalam dan angkat kepala hingga dada. Tahan gerakan ini sekitar 15-30 detik sambil bernafas normal. Lalu, buang nafas dan kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali dengan beristirahat selama 15 detik di antaranya.

3. Naukasana

Gerakan yang satu ini akan membantu menyerang lemak perut di sekitar pinggang sambil menguatkan otot kaki dan punggung. Caranya, rebahkan badan dengan posisi telentang dengan posisi kaki dan tangan lurus. Tarik nafas dalam-dalam dan mulailah mengangkat kaki, pastikan posisinya tetap lurus tanpa menekuk ya, ladies! Selanjutnya, angkat badan dan raihlah jari-jari kaki dengan tangan hingga membentuk sudut 45-derajat, lalu tahan 15 detik. Kembalilah ke posisi semula, dan ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali dengan waktu istirahat 15 detik di setiap gerakan.

4. Kumbhakasana

Gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan, tetapi tidak kalah efektif untuk membakar lemak perut. Manfaat lainnya adalah untuk menambah kekuastan di bagian bahu, lengan, punggung, dan juga paha. Ketika kamu melakukan gerakan ini, pastikan pandanganmu ke arah telapak tangan, agar otot leher juga bekerja. Kencangkan dan tahan otot perut agar hasilnya maksimal. Supaya tubuh seimbang, letakkan tangan di lantai dengan jari-jari melebar ya, ladies. Tahan gerakan ini selama 15-30 detik, lalu turunkan lutut dan istirahat 15 detik. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali.

5. Pavanamukthasana

Gerakan ini dapat mengurangi sakit punggung bawah sambil menguatkan otot perut, paha, dan pinggul. Gerakan ini juga dipercaya dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh. Mulailah gerakan ini dari posisi terlentang, lalu tekuk lutut hingga berada di dekat dada dan tahan dengan tangan. Tahan gerakan ini selama 60-90 detik, kemudian kembalilah ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali dengan istirahat 15 detik di antaranya.

Nah, itu dia cara mengecilkan perut buncit yang bisa kamu coba, ladies! Kamu tidak perlu melakukannya di pusat kebugaran kok, kamu juga bisa melakukannya di rumah di waktu luang kamu.

Tagged in:
Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy