Kawaii Beauty Japan

Hair

5 Cara Perawatan Rambut untuk Rambut Lurus yang Sulit Diatur

Kamu tidak mau kan rambut kamu berantakan?

Ayu Dewi Handayani

Memiliki jenis rambut lurus memang sangat mudah untuk dibuat gaya yang bermacam-macam. Kamu bisa mengganti rambutmu menjadi begelombang atau bahkan keriting. Tapi, terkadang memiliki rambut lurus tidak semudah itu lho, untuk ditata. Terkadang tekstur rambut sangat lemas atau malahrambut yang keluar-keluar (frizz) seringkali menjadi permasalahan sehingga rambut menjadi sulit untuk diatur. Bagaimana sih cara yang tepat untuk membuat rambut lurus yang sulit untuk diatur menjadi mudah untuk ditata? Yuk, simak!

5 Cara Perawatan Rambut untuk Rambut Lurus yang Sulit Diatur

Walaupun memiliki rambut yang lurus, kadang masih saja sulit untuk diatur ya, ladies.

1. Menggunakan Sisir Kayu

Cara perawatan rambut

Menggunakan sisir kayu adalah satu cara wanita jepang untuk mengatur rambut mereka. Bahan kayu yang memiliki pori-pori kecil dapat menangkap minyak pada kulit kepala sehingga dapat mendistribusikannya ke seluruh batang rambut. Melalui cara ini, rambut menjadi lembut, kuat dan berkilau. Gunakan juga sisir kayu untuk menata rambutmu seperti ketika untuk mengepang rambut, sehingga rambut tidak terlalu licin dan mudah untuk diatur.

2. Menggunakan Camellia Oil

Cara perawatan rambut

Camellia oil adalah satu resep wanita jepang memiliki rambut lurus panjang dan berkilau.  Camellia oil biasa disebut juga dengan nama tea seed oildan sudah menjadi rahasia kecantikan turun temurun bagi wanita asia dalam menjaga rambut lurusnya agar mudah diatur. Cara memakainya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan Camellia oil tersebut ke rambutmu. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya kamu mengoleskannya ketika rambut basah.

3. Menggunakan Catokan

Menggunakan catokan

Ketika menata rambut dan rambut terasa sulit untuk diatur, gunakan catokan untuk membantu memudahkan rambut. Tidak perlu takut rambut menjadi rusak, kamu bisa menggunakan heat protectoryang sudah banyak dijual di pasaran sebelum menggunakan catokan. Catokan dapat membuat rambutmu menjadi lebih mudah diatur, melawan frizzy hair dan bisa membuat tatanan rambut menjadi lebih tahan lama.

4. Menggunakan Mousse

Cara perawatan rambut

Mousse dapat digunakan untuk menata rambutmu agar lebih mudah diatur. Saat ini sudah banyak produk mousse yang dijual di pasaran sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Pastikan kamu memilih mousse jenis formula yang ringan dan tidak lengket. Mousse yang baik juga dapat memberikan kesan berkilau setelah kamu selesai menata rambutmu.

5. Menggunakan Dry Shampoo

Cara perawatan rambut

Dry shampoo tidak hanya bagus untuk mengatasi rambut lepek, namun juga bagus untuk menata rambut. Dry shampoo dapat membuat rambut menjadi mudah diatur dan membuat rambut terlihat bervolume.  Jika kamu ingin membuat updo hairstyle, kamu bisa menyemprotkan dry shampoo ke kulit kepalamu, kemudian gunakan rol rambut dengan menggunakan Velcro rollers. Setelah selesai rol rambut, kemudian sisir dengan menggunakan sisir bergigi jarang, kemudian buat sanggul rambutmu dan gunakan bobby pin untuk membuat tatanan rambut tetap terjaga. Untuk tatanan akhir, gunakan hairspray untuk membuat rambut menjadi lebih tahan lama.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait