Foto Ada yang Beda dengan Siklus Menstruasi Kamu? Hati-Hati! Bisa Jadi Kamu Mengalami Gangguan Kesehatan

Ada yang Beda dengan Siklus Menstruasi Kamu? Hati-Hati! Bisa Jadi Kamu Mengalami Gangguan Kesehatan

Foto Yenni Octavia
Terlambat datang bulan memang bisa jadi pertanda kamu sedang hamil, tapi hati-hati ya ladies siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa menandakan kondisi kesehatan kamu lho!

Sebuah penelitian dari Asosiasi kesehatan jantung di Amerika Serikat menyatakan wanita yang telah memulai menstruasi di bawah usia 10 tahun atau lebih dari usia 17 tahun, memiliki resiko lebih tinggi terkena jantung, stroke, dan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dibandingkan dengan wanita yang baru mengalami menstruasi pada usia sekitar 13 tahun.

Meskipun begitu, belum tentu kamu yang mengalami menstruasi lebih cepat atau terlambat akan mengalami masalah kesehatan. Namun ada baiknya kalau kamu menjadikannya sebagai pengingat untuk tetap menjaga tubuh kamu. Nggak hanya itu, perubahan yang tiba-tiba terjadi pada periode menstruasi kamu juga bisa menjadi penanda kondisi kesehatan tubuh kamu, terutama pada bagian kewanitaan.

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Wanita yang memiliki PCOS ini memiliki masalah ketidakseimbangan yang hormon yang akan mempengaruhi menstruasi dan kemampuan untuk hamil. Hormon yang tidak seimbag juga bisa memicu rambut berlebihan pada wajah, obesitas, masalah infertilitas, kista, dan sebagainnya. Untungnya masalah hormon ini masih bisa diatasi dengan KB hormonal.

Anemia

Untuk kamu yang mengeluarkan banyak sekali darah saat sedang menstruasi, hati-hati terkena anemia yah! Anemia adalah kondisi dimana darah kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Saat darah kekurangan hemoglobin, maka akan sulit untuk menyerap cukup oksigen yang membuat kamu menjadi lesu dan lemas. Ini juga bisa menguragi jumlah zat besi dalam tubuh kamu, jadi sebaiknya konsultasikan ke dokter dan minumlah suplemen sesuai dengan yang disarankan.

BACA JUGA: Perbanyak Konsumsi Makanan ini Saat Menstruasi agar Tetap Bugar

Penyakit Tiroid

Menstruasi sangat dipengaruhi oleh yang namanya hormon tiroid yang sangat berperan penting dalam produksi hormon dan regulasinya. Jika terjadi perubahan pada menstruasi kamu, kamu bisa mengindikasikan ada masalah dengan tiroid kamu. Kamu bisa melakukan tes tiroid untuk mengetahui masalah yang menyebabkan menstruasi kamu tidak teratur.

Kanker Rahim

Pernahkah kamu mengalami pendarahan tiba-tiba, saat menstruasi, ataupun setelah menopause? Jika iya, sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter, meskipun belum pasti, ini bisa menjadi tanda-tanda awal kanker rahim lho! Selain pendarahan, nyeri saat sedang melakukan hubungan seks juga bisa menjadi salah satu tanda yang harus kamu perhatikan.

BACA JUGA: Kanker ini Membunuh Lebih Banyak Wanita Dibanding Kanker Payudara

Tumor Hipofisis

Terlambat datang bulan memang bisa saja menandakan kamu hamil, tapi bisa juga sebagai tanda kamu mengidap tumor hipofisis, atau kanker pada kelenjar pituitari kamu. Kamu juga jangan meyepelekan yang namanya sakit kepala, karena sakit kepala jugasalah satu tandanya. Meskipun biasanya penyakit ini terjadi pada orang dewasa yang tua, tetap saja ada kemungkinan terjadi pada semua usia.

Eating Disorder

Masalah menstruasi juga bisa disebabkan karena pola makan yang tidak benar. Penurunan berat badan secara drastis, atau BMI rendah dan olahraga berlebihan adalah salah satu bibit dari bulimia atau anoreksia. Kalau kamu mengalami beberapa hal tersebut dan mengalami gangguan dalam siklus menstruasi, bisa jadi kamu mengalami masalah eating disorder. Jadi perbaiki pola makan kamu yah ladies, dan hindari beberapa makanan ini saat sedang menstruasi.

 

Coba perhatikan lagi ya ladies siklus menstruasi kamu, dan segera periksakan ke dokter jika kamu merasa ada yang berbeda. Jangan sampai kamu terlambat memeriksakannya hanya karena malu dan takut. Semakin cepat, semakin baik! Jangan biarkan penyakit bersarang lama di dalam tubuh kamu dan terlambat untuk menanganinnya. Jangan malas juga untuk membersihkan dan memperhatikan organ intim kamu yah!

BACA JUGA: Cek Kesehatan secara Berkala, Perlukah?

Artikel Selanjutnya

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani