Foto Sulit Hamil? Coba Cek Sperma Pasangan Kamu!

Sulit Hamil? Coba Cek Sperma Pasangan Kamu!

Sedang program hamil tapi tidak kunjung hamil juga? Hmmm, selain membenahi gaya hidup dan memeriksakan dirimu ke dokter kandungan, sebaiknya pasangan kamu juga perlu diperiksa kesehatan spermanya.

Masalah yang ada pada sperma ternyata menjadi salah satu penyebab ketidaksuburan yang umumnya dialami oleh pasangan suami istri. Nyatanya, menurut Budi Wiweko; Konsultan Fertilitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RSCM, ternyata masih terjadi paradigma pemeriksaan terhadap perempuan jika pasutri susah mendapatkan momongan.

Padahal, sebagian besar kasus gangguan kesuburan ternyata dialami oleh pria akibat masalah yang terjadi pada sperma. Oleh karena itu, yang harus diperiksa terlebih dahulu justru pria.

BACA JUGA: Penting: Fakta Penting yang Mempengaruhi Kesuburan dan Kehamilan

Penyebab Masalah pada Sperma

Faktor Genetik

Pria dengan kromosom berjumlah 47 (XXY) ternyata tidak akan menghasilkan sperma. Sementara pria dengan jumlah kromosom 46 tetapi tipe XX, maka spermatogenesis-nya (proses pembuatan sperma) akan terganggu. 

BACA JUGA: Hubungan Seks dengan Pasanganmu Membosankan? Lakukan Ini!

Gaya Hidup Tidak Sehat

Selain faktor genetik, kualitas sperma juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat, salah satu contohnya adalah merokok. Umumnya para perokok akan memiliki kualitas sperma yang buruk seperti terlalu cair atau tidak kental atau bahkan memiliki kelainan bentuk.

Kelainan bentuk pada sperma bisa hadir dalam bentuk tanpa ekor sehingga sperma pun sulit bergerak menuju indung telur.

Selain bentuk, laju kecepatan sperma pun juga dapat menentukan besar kemungkinan terjadinya kehamilan. Gerakan yang lambat atau tidak lurus atau bahkan tidak bergerak sama sekali merupakan beberapa contoh kelainan gerakan sperma yang umum terjadi pada pria.

Selain merokok, kebiasaan berendam air hangat dan memangku laptop pun sebaiknya dihindari karena dapat merusak suhu testis sehingga kualitas sperma menurun.

Nah, jika kamu tidak kunjung hamil padahal sudah satu tahun lebih melakukan program kehamilan, sebaiknya segera periksakan kesehatan kamu dan pasangan ya. Ubahlah paradigma bahwa kemandulan selalu disebabkan oleh pihak wanita. Siapa tahu, benar pasanganmu yang mengalami gangguan kesuburan ladies!

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini