Foto Homemade Recipe: Susu Almond Yang Nikmat dan Kaya Manfaat

Homemade Recipe: Susu Almond Yang Nikmat dan Kaya Manfaat

Foto Kasih Elia LG
Susu almond, alternatif susu sapi yang tidak kalah nikmat dan kaya manfaat. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah.

Waktu itu, KawaiiBeautyJapan.com sudah pernah membahas manfaat luar biasa yang jarang diketahui orang, dari susu almond, yang biasa digunakan sebagai pengganti susu sapi untuk orang-orang yang alergi pada laktosa yang terdapat dalam susu sapi.

BACA JUGA: Susu Almond, Susu Nikmat Kaya Manfaat

Siapa yang menyangka, kamu tidak perlu memelihara sapi untuk mendapatkan susu almond, karena kamu bisa mengolah susu almond sendiri di rumah. Mau tahu cara membuat susu almond sendiri di rumah? Yuk simak lebih lanjut resep di bawah ini:

Persiapan Untuk Membuat Susu Almond di Rumah

Bahan Yang Kamu Butuhkan:

  • Kacang almond (jumlah sesuai selera)
  • 4 gelas air (2 untuk dicampur, 2 untuk rendaman)
  • Pemanis alami (Madu, Gula Pasir, Sirup Mapel)

Alat Yang Kamu Butuhkan:

  • Wadah besar atau mangkok
  • Gelas Bertakaran (kalau ada)
  • Saringan kecil
  • Blender atau food processor

Langkah-langkah Membuat Susu Almond:

1. Masukkan kacang almond ke air rendaman. Rendam kacang almond selama satu malam atau dua hari. Lama merendam kacang dapat mempengaruhi hasil susu yang akan kamu dapatkan nanti. Semakin lama kamu merendam, semakin kental hasil susu almond kamu nanti.

2. Angkat, tiriskan kemudian bilas almond. Angkat almond dari air rendamannya, saring dari air rendamannya, biarkan sejenak. Setelah setengah kering, lakukan cuci bilas kacang almond tersebut di bawah air keran yang mengalir. Setelah terasa bersih, tiriskan kembali. Lakukan sedikit eksperimen dengan memenceg salah satu kacang almond dan apabila kacang sudah terasa lembek, artinya caramu sejauh ini sudah benar.

3. Blender kacang almond. Atau proses kacang almond dengan food proccessor. Jangan lupa masukkan 2 gelas air yang telah kamu sediakan tadi sebagai campuran selama kacang almond diproses. Proses almond selama kurang lebih 2-3 menit.

4. Saring hasil blender kacang almond. Pada hasil blender kamu, pasti masih ada gumpalan-gumpalan kacang almond yang tidak terproses sempurna. Kamu bisa menggunakan saringan untuk memisahkan susu almond dari gumpalan ini. Gumpalan yang tersisa di saringan bisa kamu peras dengan menggunakan sendok untuk mengeluarkan tambahan susu yang masih bisa kamu peroleh. Kamu tentu tidak mau melewatkan satu tetes susu pun, bukan?

5. Last but not least, tambahkan pemanis sesuai selera. Kalau kamu suka madu, kamu bisa tambahkan madu. Kalau kamu suka sirup mapel kamu bisa tambahkan sirup mapel. Tapi kalau kamu merasa cukup dengan gula pasir, jangan lupa aduk terlebih dahulu gula pasir di segelas kecil air panas sebelum ditambahkan ke dalam susu almond-mu.

BACA JUGA: Manjakan Kulitmu Dengan Khasiat Susu

Bagaimana? Gampang bukan? Tunggu apa lagi, ayo segera buat susu almond ala kamu!

Artikel Selanjutnya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini