Kawaii Beauty Japan

Hair

Kepala Gatal dan Ketombean? Ini Dia Penyebabnya!

Pernahkah kamu berpikir padahal sudah keramas setiap hari tapi masih terasa gatal? Lalu disertai ketombe? Apakah keramasnya kurang bersih? Yuk cari tahu penyebabnya lalu perbaiki!

Siti Aisyah

Kulit Kepala Gatal? Penyebabnya?

Kulit kepala gatal disebabkan oleh kulit kepala yang tidak bisa mengontrol zat kimia (shampoo) dengan baik. Selain itu memakai shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepala, atau memakai shampoo yang memiliki kandungan zat yang berlebihan sehingga mengurangi kandungan minyak di dalam kulit kepala. Oleh karena itu, akar rambut menjadi terhambat.

Dengan terhambatnya akar rambut, maka akan melemahkan fungsi kulit kepala dan menurunkan metabolisme kulit kepala. Jika fungsi kulit kepala melemah bisa menimbulkan infeksi atau peradangan.

BACA JUGA: 101 Tips Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Cara Tepat Mengembalikan Fungsi Kulit Kepala Normal

Bagaimanakah cara mengembalikan fungsi kulit kepala seperti semula?

1. Menormalkan Kulit Kepala yang Kelebihan Zat Kimia (shampoo)

Jika keramas menggunakan shampoo dengan kadar zat kimia tinggi secara terus menerus akan menutup pori-pori, berkeringat, menjadi lepek sehingga menimbulkan ketombe.

BACA JUGA: Mau Punya Rambut Indah Terawat? Coba Hindari Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Pasti kalian malu kan jika ada ketombe yang berjatuhan di bahu. Supaya tidak terjadi hal itu, ketika keramas harus membersihkan kulit kepala sampai bersih agar pori-pori kulit kepala tidak tersumbat.

2. Beralihlah Memakai Shampoo dengan Kadar Zat Kimia Rendah

Jika shampoo yang anda gunakan saat ini adalah shampoo mengandung minyak seperti di pasaran, cobalah ganti shampoo kamu dengan shampoo yang mengandung asam amino kadar rendah.

Karena kalau menggunakan shampoo dengan zat yang berlebihan, tidak baik untuk fungsi kepala yang mengkonsumsinya secara berlebih.

Nah cobalah seperti yang tertera di atas. Kalau selama satu minggu tidak ada perubahan, mungkin kamu perlu konsultasi dengan dokter kulit.

Tagged in:
Siti Aisyah
Editor di Kawaii Beauty Japan yang memiliki hobi traveling.
Share this article

Artikel Terkait