Kawaii Beauty Japan

Diet

Diet Adalah..

Mungkin kamu berpikir kamu tahu definisi diet yang sebenarnya. Tapi, mungkin juga tidak.

Kasih Elia Lg

Ketika mendengar kata “diet”, apa yang langsung masuk ke pikiran kamu? Pasti kamu langsung berpikir, diet di sini berarti kegiatan mengurangi makanan, dalam artian makanan apa saja, yang penting dikurangi, dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Atau, dengan kata lain, supaya kurus.


Ternyata di masyarakat Indonesia sendiri banyak yang belum mengerti dan salah dalam penggunaan kata diet. Baik dari pelaku/pembicara, maupun pendengar.

Karena itulah, pada artikel kali ini, Kawaii Beauty Japan ingin sedikit meluruskan kesalahan dalam penggunaan kata Diet. Dari segi definisi umum, definisi Diet dapat kamu simak melalui penjelasan berikut ini:

Diet Adalah Kebiasaan / Pola Makan Seseorang

Di luar negeri, ketika seseorang sedang membicarakan pola makan sehari-hari mereka, mereka berbicara tentang diet. Misalnya, orang yang mempunyai kebiasaan makan vegetarian. Artinya, orang tersebut mempunyai pola makan tidak makan daging atau produksi hewani. Di sini, diet adalah pola, kata benda, hasil pengaturan konsumsi seseorang secara rutin. Kebiasaan mengonsumsi atau tidak mengonsumsi sesuatu dan menjadikan kegiatan itu sebagai pola makan sehari-hari, dengan tujuan bervariasi. Bisa untuk menurunkan berat badan, bisa untuk menaikkan, bisa juga karena alasan agama seperti larangan makan makanan haram menurut muslim, atau tradisi, bahkan karena alasan lain yang sifatnya personal.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Makan Sehat Yang Perlu Kamu Lakukan

Diet Adalah Pembatasan / Pengukuran Asupan Makan Seseorang

Seringkali, ketika seseorang sakit, seperti kolestrol atau diabetes, ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit tersebut. Penderita penyakit tersebut, dengan pembatasan seperti itu, dapat berkata, “Saya sedang diet.”

Kalau di Indonesia, istilah untuk pembatasan asupan makan seseorang bisa disebut dengan pantangan. Pantangan makan kambing untuk yang darah tinggi, pantangan konsumsi gula berlebih untuk penderita diabetes, dan sebagainya.

Diet Adalah Usaha Mengurangi Berat Badan

Sementara itu, yang sering dipukul rata oleh banyak orang adalah definisi diet yang ini. Diet yang merupakan pengaturan pola makan baik itu dengan mengurangi lemak maupun menambah sayuran atau protein, sesuai dengan kebutuhan asupan tubuh seseorang, dengan tujuan mengurangi berat badan.

Nah, dengan penjelasan di atas, definisi diet di kamus perbendaharaan kata kamu bisa menjadi lebih luas ya. Sebab, sekarang kamu sudah tahu kan kalau diet itu bukanlah dilakukan hanya untuk mengurangi berat badan saja, tapi semata-mata untuk hidup yang lebih sehat. Pada dasarnya diet memang mengenai pola makan yang dibutuhkan seseorang untuk hidup lebih sehat.

Nah, di Kawaii Beauty Japan, ada banyak sekali artikel tentang pola makan yang bisa kamu terapkan sesuai dengan kebutuhan kamu. Coba dibaca-baca yuk! Jangan lupa share ya, pola makan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

BACA JUGA: Berapa Banyak Sih Berat Badan yang Bisa Turun dalam Seminggu?

Tagged in:
Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait