Kawaii Beauty Japan

Food

Teh atau Kopi? Minuman Mana yang Paling Bermanfaat Bagi Kesehatan?

Kopi dan teh sering dianggap sebagai minuman yang sehat. Namun, ketika harus memilih mana yang lebih sehat, mana yangh harus kamu pilih?

Istiarina Putri

Suatu penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi teh mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit non-kardiovaskuler sebesar 24 persen. Hal tersebut merupakan pengaruh dari kombinasi kandungan antioksidan teh dan juga gaya hidup sehat lainnya yang dilakukan para peminum teh.

Dilansir dari Yahoo!, menurut profesor Nicholas Danchin dari unit kardiologi rumah sakit Georges Pompidou di Paris, apabila dihadapkan pada dua pilihan antara kopi dan teh, maka sebaiknya kita memilih teh. Pendapat itu sendiri telah dikemukakan dalam European Society of Cardiology Congress.

Penelitian tersebut melibatkan 131,401 peserta dengan rentang usia 18-95 tahun dan data diperoleh dari pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di the Paris IPC Preventive Medicine Center pada Januari 2001 hingga Desember 2008.

Peminum Kopi dan Perokok

Ternyata peminum kopi yang disertai dengan gaya hidup merokok memiliki risiko terbesar untuk terkena penyakit kardiovaskuler (contoh: jantung). Menariknya, umumnya para pecinta kopi memiliki kecenderungan untuk menjadi perokok, begitu pula dengan sebaliknya. 

Tidak Meminum Keduanya

Orang yang tidak meminum kopi ternyata lebih aktif secara fisik dengan 45% diantaranya secara rutin melakukan olahraga.

Selain itu, dalam kelompok yang tidak meminum kopi hanya ditemukan 17% perokok.

 

 

Peminum Teh

Ternyata ada 43% peminum teh yang aktif berolahraga, sementara 46% dari para pecinta berat teh pun aktif berolahraga.

Hmm.. Jadi bagaimana? Kamu lebih suka kopi atau teh nih?

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait