Foto Makanan Pedas pun Ternyata Bisa Menyehatkan!

Makanan Pedas pun Ternyata Bisa Menyehatkan!

Banyak yang bilang tidak baik apabila makan makanan pedas. Akan tetapi, asal tidak terlampau pedas dan frekuensi makan tidak setiap hari, ternyata justru menyehatkan lho!

Sebagian besar orang Indonesia pasti setuju bahwa kurang nikmat menyantap makanan apabila tidak pedas. Saya yakin sebagian besar dari kamu bahkan pernah punya teman yang hobi sekali makan pedas.

Hmm, meski seringkali menjadi kontroversi, asal porsi, tingkat kepedasan, dan frekuensi makan terkontrol, konsumsi makanan pedas justru dapat menyehatkan tubuh.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Makan Yang Perlu Kamu Ubah

Apa saja sih manfaat makanan pedas bagi kesehatan?

Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak disangka, ternyata makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme yang berdampak pada penurunan berat badan. Beberapa penelitian pun menunjukkan adanya senyawa utama dalam cabai dan paprika yang disebut capsaicin diduga memiliki efek termogenik sehingga dapat membuat tubuh untuk membakar lebih banyak kalori setelah makanan dimakan.

BACA JUGA: Perut Kembung Mengganggu Aktivitasmu? Ini Dia Penyebabnya!

2. Mencegah Kanker

Capsaicin ternyata juga dipercaya mempunyai kemampuan untuk membunuh sel kanker! Selain cabai, rempah-rempah seperti kunyit pun dipercaya mengandung senyawa ini sehingga dapat memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhannya. Selain itu, ada juga pendapat bahwa mengombinasikan lada hitam dengan kunyit dapat melipatgandakan manfaatnya.

BACA JUGA: Makan Manggis Bisa Menangkal Kanker, Benar Tidak Sih?

3. Memperbaiki Suasana Hati

Makanan pedas pun dipercaya mampu meningkatkan produksi hormon serotonin yang berperan sebagai hormon pembahagia. Hormon ini membantu agar kita dapat lebih bahagia dan suasana hati pun menjadi lebih positif. Untuk kamu yang sedang stres atau dilanda depresi, sebaiknya coba konsumsi makanan bercita rasa pedas deh.

4. Menyehatkan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan konsumsi makanan pedas dengan kemungkinan terjadinya serangan jantung dan stroke. Ternyata, usut punya usut, hal ini disebabkan oleh efek anti-inflamasi yang dapat memperkecil risiko serangan jantung serta kandungan di dalam cabai yang dapat melawan kolesterol jahat.
 

Hmm, bagaimana ladies, apakah kamu penyuka makanan pedas? Jika ya, sebaiknya perhatikan frekuensi dan tingkat kepedasan makanan agar tetap mendapatkan manfaat kesehatannya ya!

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini