Foto Waspada Efek Samping Ekstrak Kulit Manggis

Waspada Efek Samping Ekstrak Kulit Manggis

Kabar kurang baik bagi kita semua, ekstrak kulit manggis ternyata ada efek sampingnya.

Garcinia mangostana atau lebih dikenal sebagai Manggis sudah dipergunakan untuk kebutuhan kesehatan sejak dahulu kala. Ekstrak buah manggis sendiri telah digunakan secara tradisional untuk mengobati penyakit seperti diare dan infeksi kulit.

BACA JUGA: Makan Manggis Bisa Menangkal Kanker, Benar Tidak Sih?

Akan tetapi, ternyata dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kesehatan dari ekstrak manggis. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen ekstrak kulit manggis, kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang kemungkinan terjadinya efek samping ekstrak kulit manggis.

Efek Samping Ekstrak Kulit Manggis

Lactic Acidosis

Beberapa praktisi kesehatan di the Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, or MSKCC, menemukan terjadinya kasus lactic acidosis dimana pasien telah mengonsumsi jus manggis setiap hari selama satu tahun terakhir.

Lactic Acidosis sendiri merupakan kondisi fisiologis yang ditandai dengan pH rendah pada jaringan tubuh dan darah serta disertai dengan terjadinya penumpukan laktat. Tanda-tanda lactic acidosis adalah sesak nafas, muntah, dan sakit pada bagian perut.

Jika tidak ditanggulangi segera, tumpukan asam dalam tubuh dapat membahayakan jiwa.

Interaksi dengan Obat-Obatan

Jangan lupa untuk selalu menginformasikan dokter sebelum kamu menambahkan ekstrak kulit manggis ke dalam konsumsi sehari-hari.

Manggis merupakan antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.

Efek pelindung dari ekstrak kulit manggis ini ternyata dapat mengganggu kinerja obat-obatan kemoterapi dan terapi radiasi, sehingga pengobatan kanker justru jalan di tempat atau malah memperburuk kondisi pasien.

Tidak Disarankan bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Selalu bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi ekstrak kulit manggis. Keamanan ekstrak kulit mangis belum dievaluasi secara menyeluruh bagi para wanita hamil. Oleh karena itu, baik wanita hamil maupun menyusui sebaiknya menghindari konsumsi suplemen dengan kandungan ekstrak kulit manggis ya.

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini