Kawaii Beauty Japan

Diet

Perut Kembung Mengganggu Aktivitasmu? Ini Dia Penyebabnya!

Perut kembung seringkali menjadi penyebab ketidaknyamanan saat sedang sibuk-sibukny beraktivitas. Cek penyebabnya supaya terhindar dari perut kembung!

Istiarina Putri

Perut kembung pasti pernah dialami oleh semua orang. Kendati terdengar sepele, ternyata masalah yang satu ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. 

Ini dia 4 penyebab perut kembung lengkap dengan cara mengatasinya.

Angin

Ternyata terlalu sering menghabiskan waktu di tempat yang memiliki angin kencang seperti naik motor atau tidur dalam keadaan kipas dan AC menyala pun bisa menyebabkan perut kembung.

BACA JUGA: Ini Dia Bahayanya Tidur dengan Kipas dan AC Menyala!

Cara mengatasinya adalah selalu menggunakan pakaian yang cukup tebal dan hangat agar tubuh tidak langsung mengenai tubuh. Selain itu, bila kamu rentan masuk angin, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang dapat menimbulkan gas dalam perut seperti brokoli, kacang-kacangan, dan kol.

Konstipasi alias Sulit Buang Air Besar (BAB)

Perut kembung sendiri juga merupakan gejala konstipasi alias sulit buang air besar. Hmm, apabila kamu sulit buang air besar, maka itu adalah tanda bahwa kamu harus lebih banyak mengonsumsi serat.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Menuju Langsing!

Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur, serta cukup minum air putih.

Makan Terburu-buru

Di jaman yang serba cepat ini, terkadang makan pun harus terburu-buru. Akan tetapi makan terlalu cepat ternyata tidak baik bagi pencernaanmu. Makan terlalu cepat berarti pengunyahan makanan tidak sempurna, sebagai akibatnya ususmu akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut.

BACA JUGA: Makan Sambil Berdiri? Siapa Bilang Gak Sehat?

Cara mengatasi perut kembung akibat makan terburu-buru adalah dengan mengalokasikan waktu makan paling tidak 20 menit dan kunyahlah makanan secara perlahan.

Menstruasi

Jika kamu sering mengalami perut kembung menjelang menstruasi, tenang, kamu tidak sendirian. Menjelang menstruasi, terjadi peningkatan kadar hormon progesteron dalam tubuh. Peningkatan hormon ini ternyata berakibat pada melambatnya gerakan usus dalam mencerna makanan sehingga dapat memicu perut kembung.

BACA JUGA: 6 Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

Untuk mengatasinya, usahakan untuk berolahraga secara teratur paling tidak dengan berjalan kaki serta mengonsumsi makanan kaya serat.

Nah, bagaimana ladies? Sudah tahu kan penyebab dan cara mengatasi perut kembung? Intinya adalah menerapkan pola hidup sehat dengan pola makan dan olahraga yang teratur. Bye-bye perut kembung!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait