Foto 6 Langkah Mudah Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

6 Langkah Mudah Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering sering menjadi masalah bagi kecantikan di kalangan wanita. Selain merusak penampilan, tentu tidak jarang bibir kering bisa menjadi pemicu luka dan sariawan.

Bibir kering sering dialami oleh banyak orang, termasuk para wanita. Masalah bibir kering ini sering menghalangi penampilan cantik kita, karena tentu bibir kering memberikan kesan buruk seperti tidak sehat dan tidak terurus. Selain itu, pemakaian pemulas bibir seperti lipstik, lip gloss, atau lip stain pun menjadi tidak sempurna karenanya.

BACA JUGA: Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Penyebab Bibir Kering

Kekurangan Cairan alias Dehidrasi

Selain menyebabkan kulit menjadi kering, kekurangan cairan juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. 

BACA JUGA: Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Selain itu, ternyata ciri-ciri dehidrasi juga bisa dilihat langsung dari kondisi bibir yang menjadi kering dan selaput lendir seperti mulut, kelopak mata, dan lubang hidung.

Bibir sendiri merupakan lapisan kulit yang cukup tipis dan tidak memiliki kemampuan melembapkan sendiri. Oleh karena itu, simak 6 langkah yang sebaiknya kamu lakukan agar bibir tetap lembap dan sehat.

6 Langkah Mudah Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

1. Hindari Menjilat Bibir

Jangan pernah menjilat bibir karena hanya akan memperburuk kondisi kulit bibirmu. Air liur yang menempel hanya akan membuat bibir semakin kering.

2. Jangan Menarik Kulit Kering dari Bibir

Biarkan kulit kering menghilang dengan sendirinya, caranya bisa dengan memakai pelembap bibir. Menarik kulit kering hanya akan mengakibatkan luka dan kemudian bisa menyebabkan infeksi bibir.

3. Pakai Lip Balm secara Teratur

Gunakan lip balm yang mengandung bahan-bahan yang bisa melembapkan kulit bibir. Lebih baik pilih yang tidak berwarna dan tidak mengandung pewangi. Akan jauh lebih baik lagi bila lip balm mengandung tabir surya (SPF).

Penggunaan lip balm sendiri kurang lebih sama dengan penggunaan tabir surya untuk wajah dan badan, yaitu digunakan sesering mungkin sesuai kebutuhan.

4. Minum Air yang Cukup

Kecuali sedang berpuasa, sebaiknya kamu mengonsumsi cukup banyak air putih agar tidak dehidrasi dan menyebabkan kulit bibir kering dan pecah-pecah. 

5. Waspadai Pasta Gigi

Bibir kering juga bisa disebabkan oleh pasta gigi atau obat kumur yang digunakan. Sebaiknya pilih pasta gigi dan obat kumur yang bebas deterjen, misalnya pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

6. Perhatikan Makanan dan Minuman

Makanan yang asin dan pedas cepat membuat bibir dan mulut kering. Selain itu, gaya hidup merokok, konsumsi kafein, soda, dan minuman asam juga memiliki efek diuretik tinggi yang mengakibatkan cairan keluar dari dalam tubuh meningkat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, sekarang kamu pun bisa tampil cantik sempurna dengan bibir lembap dan sehat!

BACA JUGA: Bingung Punya Warna Bibir Yang Gelap? Baca Dulu Ini!

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini