Foto Ini Dia Cara Membedakan Es Batu Mentah dan Matang!

Ini Dia Cara Membedakan Es Batu Mentah dan Matang!

Haus? Hampir semua orang pasti akan memilih untuk minum minuman dingin lengkap dengan es batu di dalamnya. Tapi tahukah kamu, ada bahaya yang mengintai di balik es batu yang ada dalam minumanmu?

Saat sedang haus, baik di restoran maupun di mini market, umumnya sebagian besar orang akan memutuskan untuk membeli minuman dingin. Tidak jarang minuman dingin ini disajikan dengan es batu di dalamnya.

BACA JUGA: Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati! Bisa Bahaya buat Ginjal Lho!

Es batu memang menambah kenikmatan dan kesegaran dari minuman yang kita minum, tapi apakah pernah terpikirkan tentang asal muasal air yang digunakan untuk membuat es batu tersebut?

Es Batu yang Menggunakan Air Mentah itu Berbahaya

Akhir-akhir ini banyak beredar isu bahwa ada es batu yang menggunakan air mentah sebagai bahan bakunya. Nah, apabila memang benar, maka sudah jelas bahwa itu berbahaya bagi kesehatan.

Es batu yang bahan bakunya adalah air mentah mengandung banyak bakteri E-coli. Bakteri ini umumnya ditemukan air mentah. 

Air yang terkontaminasi bakteri ini hanya dapat disterilisasi dengan proses merebus air hingga mendidih.

Bahaya Bakteri E-coli dari Air Mentah bagi Kesehatan

Bakteri E-coli sendiri dapat menimbulkan gangguan pencernaan, kerusakan ginjal dan usus.

Lalu bagaimana membedakan antara es batu yang menggunakan air matang dengan air mentah? Ini dia caranya.

Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah atau Air Matang

Es Batu dari Air Mentah

Ciri-ciri utama es batu yang terbuat dari air mentah adalah warnanya. Jika diperhatikan, warna es batu ini akan terlihat kusam atau berwarna putih. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya kandungan gas di dalamnya.

Kemudian, biasanya es batu yang terbuat dari air mentah dikemas dalam bungkusan plastik atau es balok.

Es Batu dari Air Matang

Berbeda dengan es batu yang terbuat air mentah, es batu yang terbuat dari air matang akan terlihat bening seperti kristal. Selain itu, es batu dari air matang umumnya ada dalam bentuk es kristal dan ice cube. Es kristal sendiri adalah es batu yang bentuknya seperti tabung dengan lubang di tengahnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara membedakan es batu yang terbuat dari air mentah dan matang. Oleh karena itu, perhatikan benar-benar bentuk dan warna es batu yang kamu konsumsi agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya ya.

BACA JUGA: Es Batu: Penyelamat Wajah dari Jerawat di Kala Darurat

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini