Kawaii Beauty Japan

Hair

5 Bahan Masker Rambut Alami yang Bisa Membuat Rambut Kamu Sehat

Gunakan bahan-bahan alami sebagai masker rambut agar rambut kamu menjadi lebih sehat dan kuat, ladies.

Ayu Dewi Handayani

Rambut adalah mahkota wanita. Bagi wanita, rambut yang lepek bisa membuat penampilan secara keseluruhan menjadi rusak. Selayaknya merawat wajah, perawatan rambut harus dilakukan secara rutin dengan benar. Kamu tidak mau kan memiliki rambut panjang namun bercabang, mudah rontok, dan keluar-keluar. Untuk merawat rambut, kamu bisa menggunakan produk yang dijual di pasaran maupun ke salon. Namun, jika kamu merasa tidak cocok dengan efek samping yang ditimbulkan kamu bisa menggunakan bahan alami lho. Apa saja bahan alami tersebut? Yuk, simak!

5 Bahan Masker Rambut Alami yang Bisa Membuat Rambut Kamu Sehat 

Bahan-bahan ini mudah dicari sehingga kamu bisa membuat masker rambut alami yang sehat dan kuat.

1. Alpukat

Alpukat

Penggunaan alpukat dapat membuat rambut kamu menjadi berkilau. Kamu juga bisa menambahkan telur untuk membuat kelembapan pada rambut kamu. Coba campurkan 1/2 buah alpukat dengan 2 butir telur. Alpukat kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk rambut kamu. Biarkan selama 20 menit, lalu kemudian bilas dengan keramas menggunakan sampo. Gunakan masker ini selama satu hari dalam satu minggu, terutama jika kamu memiliki rambut yang rusak agar kembali sehat dan lembut.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat kaya dengan asam lemak dan lauric acid yang bagus untuk menutrisi rambut, terutama jika rambut kamu rusak dan kering. Coba hangatkan setengah gelas minyak kelapa dalam wadah. Kemudian aplikasikan rambut kamu baik dalam keadaan basah ataupun kering, kemudian tutup dengan shower cap atau menggunakan handuk basah selama satu jam. Kemudian bilas minyak kelapa tersebut dengan cara keramas menggunakan sampo. Air kelapa ini akan membuat licin rambut kamu, jadi hati-hati ya ketika membilasnya agar kamu tidak terpeleset di kamar mandi.

3. Madu dan Yogurt

Madu sebagai masker rambut alami

Yogurt sangat bagus untuk mencegah munculnya bakteri penyebab ketombe. Coba campurkan 1 sdm yogurt, 1 sdt minyak zaitun, dan 1/4 gelas yogurt. Campurkan bahan-bahan tersebut di dalam suatu wadah, kemudian aplikasikan pada rambut yang basah, lalu biarkan selama 20-30 menit. Lalu bilas dengan cara keramas menggunakan sampo.

4. Cuka Apel

Cuka apel untuk masker rambut alami

Penggunaan cuka apel sangat bagus untuk rambut kamu yang kering. Cuka apel sangat bagus untuk menghilangkan produk rambut yang tertinggal di rambut yang membuat rambut kamu menjadi kusam. Kamu bisa menggunakan cuka apel itu sendiri untuk diaplikasikan kepada rambut secara keseluruhan atau kamu bisa mencampurnya dengan alpukat yang telah dihancurkan. Campurkan 1/2 buah alpukat dengan 1 sdm cuka apel kemudian aduk secara merata dalam suatu wadah, lalu aplikasikan rambut dalam keadaan basah. Biarkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan keramas menggunakan sampo.

5. Jus Lemon

Jus lemon untuk masker rambut alami

Jika kamu memiliki kulit kepala yang kering dan membuat gatal, penggunaan jus lemon bisa kamu gunakan untuk masker rambut kamu. Campurkan jus lemon dengan minyak zaitun untuk diaplikasikan ke rambut untuk melembapkan rambut kamu. Caranya kamu bisa mencampurkan 2 sdm jus lemon dan 2 sdm air, kemudian pijat kepala kamu dengan mudah. Biarkan rambut kamu menjadi lembap selama 20 menit lalu bilas dengan cara keramas. Kamu bisa melakukan perawatan ini selama satu kali dalam satu minggu.

Bagaimana, ladies? Penggunaan bahan-bahan alami ini bisa membuat rambut kamu menjadi lebih lembut dengan bahan-bahan yang alami ini.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait