Foto 7 Tips Berpuasa agar Selalu Segar di Siang Hari

7 Tips Berpuasa agar Selalu Segar di Siang Hari

Jangan sampai kamu malah loyo di bulan Ramadan ya.

Bulan Ramadan sebagai bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sudah tiba. Di awal berpuasa, tubuh masih beradaptasi sehingga kita seringkali menjadi mudah lelah dan dehidrasi. Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, kondisi ini bisa menjadi masalah karena kamu akan tampak tidak segar. Makan-makanan yang bergizi adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan ketika sahur. Rupanya selain penting untuk menutrisi tubuh ketika berpuasa, ada beberapa cara lain lagi lho agar kamu bisa selalu senantiasa segar setiap saat. Bagaimana caranya? Yuk, simak!

7 Tips Berpuasa agar Selalu Segar di Siang Hari

Kamu harus bisa tetap segar sepanjang hari meskipun berpuasa, ladies!

1. Bernapaslah dengan Baik

Bernapas

Rupanya teknik bernapas sangat berpengaruh dengan cepat lelah atau tidaknya kita lho. Cobalah untuk mulai belajar tiga teknik bernapas yaitu bernapas dengan menggunakan hidung, bernapas dalam (dengan menggunakan diafragma) dan bernapas dengan lambat. Semakin pendek napas kita, semakin sedikit oksigen yang bisa mencapai sel-sel otak dan jantung kita sehingga berpengaruh pada kesulitan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Hal inilah yang membuat kita menjadi lebih mudah lelah dan energi terasa sedikit. Cobalah menyinkronkan aktivitas kamu dengan bernapas dalam-dalam ketika menjalankan suatu aktivitas.

2. Makan dengan Tepat

Makan dengan tepat

Ketika berpuasa, pasti kamu seringkali menginginkan banyak makan manis ataupun yang asin-asin dan berminyak. Padahal makanan tersebut tidak membuat kamu kenyang dengan lama lho. Sebaiknya kamu makanlah makanan dengan karbohidrat yang kompleks seperti gandum, nasi merah, buah apel dan jeruk yang memiliki indeks glikemik rendah.

Konsumsi juga makanan dengan lemak sehat. Lemak dapat memberikan kita asam lemak yang bagus untuk melindungi organ tubuh kita dan membantu menjaga temperatur tubuh. Mereka juga bisa melembutkan kulit, memberikan vitamin dan sebagai sumber energi yang sangat bagus.

3. Tetaplah Berolahraga

Yoga

Olahraga adalah salah satu cara bagi tubuh untuk berlatih bernapas dalam agar tubuh tidak cepat lelah. Kamu tidak harus berolahraga cardio seperti waktu sebelum puasa. Namun, sebaiknya berolahragalah yang ringan seperti yoga atau jalan sehat. Makanlah makanan yang kaya akan protein, seperti ikan, daging merah, maupun susu rendah lemak. 

BACA JUGA: 5 Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

4. Tidur Cukup

Tidur

Masalah kebanyakan dari kita ketika berpuasa adalah selalu lelah di siang hari. Tidurlah lebih cepat dari biasanya agar kamu memiliki waktu istirahat sebelum sahur dan setelah sahur. Cobalah untuk power nap setelah salat zuhur agar kamu bisa memiliki lebih banyak energi.

5. Atur Jadwal dan Usahakan untuk Sibuk

Bekerja

Ketika sedang tidak sibuk, otak kita akan memikirkan hal-hal seperti makanan dan minuman, sehingga membuat kita menjadi cepat lapar dan haus. Cobalah untuk tetap beraktivitas seperti biasa untuk menyibukkan hari kamu, sehingga tidak terasa jam buka puasa sudah tiba.

6. Pilihlah Air Putih daripada Kafein

Air putih

Di bulan puasa, jam tidur kita akan menjadi sangat berkurang, sehingga seringkali kita menjadi mudah lelah di sepanjang hari. Jika kamu biasa minum kafein untuk mencegah ngantuk, coba hindari minum minuman tersebut agar tidak mudah haus. Kafein bisa membuat kita menjadi lebih sering untuk buang air kecil, sehingga sebaiknya hindari kafein dan perbanyak minum air putih.

7. Makan dengan Sadar

Makan

Ketika buka puasa, seringkali kita terlalu banyak makan karena ingin membalas dendam setelah seharian berpuasa. Padahal inilah yang membuat berat badan kamu bisa bertambah. Jadi, cobalah makan dengan sadar makanan apa saja yang sudah kamu konsumsi di malam hari ketika makan malam, sehingga kamu tahu porsi yang tepat untuk makan sahur.


Nah, itu dia tips berpuasa yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa selalu segar ketika di siang hari, ladies. Jangan sampai bulan Ramadan malah membuat kamu menjadi semakin loyo ya.

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Upgrade Lifestylemu ditengah Pandemi

Upgrade Lifestylemu ditengah Pandemi

Aminy Andawi Aminy Andawi
Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani