Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

7 Tips Berpuasa agar Selalu Segar di Siang Hari

Jangan sampai kamu malah loyo di bulan Ramadan ya.

Ayu Dewi Handayani

Bulan Ramadan sebagai bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sudah tiba. Di awal berpuasa, tubuh masih beradaptasi sehingga kita seringkali menjadi mudah lelah dan dehidrasi. Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, kondisi ini bisa menjadi masalah karena kamu akan tampak tidak segar. Makan-makanan yang bergizi adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan ketika sahur. Rupanya selain penting untuk menutrisi tubuh ketika berpuasa, ada beberapa cara lain lagi lho agar kamu bisa selalu senantiasa segar setiap saat. Bagaimana caranya? Yuk, simak!

7 Tips Berpuasa agar Selalu Segar di Siang Hari

Kamu harus bisa tetap segar sepanjang hari meskipun berpuasa, ladies!

1. Bernapaslah dengan Baik

Bernapas

Rupanya teknik bernapas sangat berpengaruh dengan cepat lelah atau tidaknya kita lho. Cobalah untuk mulai belajar tiga teknik bernapas yaitu bernapas dengan menggunakan hidung, bernapas dalam (dengan menggunakan diafragma) dan bernapas dengan lambat. Semakin pendek napas kita, semakin sedikit oksigen yang bisa mencapai sel-sel otak dan jantung kita sehingga berpengaruh pada kesulitan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Hal inilah yang membuat kita menjadi lebih mudah lelah dan energi terasa sedikit. Cobalah menyinkronkan aktivitas kamu dengan bernapas dalam-dalam ketika menjalankan suatu aktivitas.

2. Makan dengan Tepat

Makan dengan tepat

Ketika berpuasa, pasti kamu seringkali menginginkan banyak makan manis ataupun yang asin-asin dan berminyak. Padahal makanan tersebut tidak membuat kamu kenyang dengan lama lho. Sebaiknya kamu makanlah makanan dengan karbohidrat yang kompleks seperti gandum, nasi merah, buah apel dan jeruk yang memiliki indeks glikemik rendah.

Konsumsi juga makanan dengan lemak sehat. Lemak dapat memberikan kita asam lemak yang bagus untuk melindungi organ tubuh kita dan membantu menjaga temperatur tubuh. Mereka juga bisa melembutkan kulit, memberikan vitamin dan sebagai sumber energi yang sangat bagus.

3. Tetaplah Berolahraga

Yoga

Olahraga adalah salah satu cara bagi tubuh untuk berlatih bernapas dalam agar tubuh tidak cepat lelah. Kamu tidak harus berolahraga cardio seperti waktu sebelum puasa. Namun, sebaiknya berolahragalah yang ringan seperti yoga atau jalan sehat. Makanlah makanan yang kaya akan protein, seperti ikan, daging merah, maupun susu rendah lemak. 

BACA JUGA: 5 Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

4. Tidur Cukup

Tidur

Masalah kebanyakan dari kita ketika berpuasa adalah selalu lelah di siang hari. Tidurlah lebih cepat dari biasanya agar kamu memiliki waktu istirahat sebelum sahur dan setelah sahur. Cobalah untuk power nap setelah salat zuhur agar kamu bisa memiliki lebih banyak energi.

5. Atur Jadwal dan Usahakan untuk Sibuk

Bekerja

Ketika sedang tidak sibuk, otak kita akan memikirkan hal-hal seperti makanan dan minuman, sehingga membuat kita menjadi cepat lapar dan haus. Cobalah untuk tetap beraktivitas seperti biasa untuk menyibukkan hari kamu, sehingga tidak terasa jam buka puasa sudah tiba.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy