Foto 5 Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

5 Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

Sesuaikan ritme olahraga kamu selama bulan puasa ya, ladies.

Bulan Ramadan sudah sebentar lagi. Bagi kamu yang menjalankan puasa, kamu harus pintar-pintar menyesuaikan ritme kerja kamu dengan kondisi selama puasa. Hal ini karena badan kamu masih tidak mendapat asupan yang lengkap seperti pada biasanya, sehingga tubuh mudah lemas. Dalam hal olahraga, jika diforsir, badan kamu bisa kekurangan cairan dan menjadi dehidrasi.

Jika kamu hobi berolahraga, jangan sampai rutinitas kegiatan kamu sehari-hari menjadi terhenti karena bulan Ramadan. Namun, bukan berarti juga kamu tetap menjalankan olahraga yang berat ya. Nah, agar kamu tetap bisa menjalani olahraga di bulan Ramadan, kamu harus mengetahui olahraga apa yang cocok untuk kamu lakukan. Yuk, simak!

5 Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

Berikut adalah olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan selama bulan Ramadan, ladies.

1. Yoga

Yoga

Yoga bisa dikatakan merupakan olaraga yang paling cocok kamu lakukan selama bulan Ramadan. Waktu yang paling cocok untuk melakukan yoga adalah di pagi hari sebelum sahur, maupun 2-3 jam setelah kamu buka puasa. Karena olahraga ini bukan olahraga cardio yang akan membuat jantung kamu berdetak kencang, sehingga tidak akan membuat kamu terlalu lelah. 

2. Jogging

Jogging

Jika kamu tetap ingin melakukan olahraga cardio untuk memperkuat jantung dan menurunkan berat badan. Jogging adalah pilihan yang tepat. Tapi, jangan terlalu memforsir badan kamu untuk melakukan jogging ketika puasa. Mulailah dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu di awal bulan puasa dan biarkan badan kamu untuk menyesuaikannya. Dianjurkan untuk melakukan jogging beberapa jam sebelum buka puasa, sehingga ketika kamu sudah haus, langsung bisa minum air putih agar tidak dehidrasi.

3. Jalan Cepat

Jalan cepat

Jika kamu ingin melakukan olahraga cardio namun takut tidak kuat, olahraga ini adalah olahraga yang tepat untuk kamu. Pastikan bagian tubuh kamu bergerak dengan tepat yaitu kaki dan tangan selama konstan. Melalui cara ini kamu bisa menguatkan jantung sekaligus membuat badan kamu bergerak sehingga berkontribusi untuk menurunkan berat badan. Agar tidak terlalu mengganggu aktivitas puasa kamu, sebaiknya lakukan olahraga ini selama beberapa jam sebelum puasa.

4. Bersepeda

Bersepeda

Untuk melatih kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas, bersepeda bisa menjadi olahraga yang tepat untuk kamu lakukan selama bulan Ramadan. Pastikan kamu banyak minum minuman berelektrolit atau minum air garam selama buka puasa dan ketika sahur agar tidak kekurangan cairan. Di minggu awal puasa, cobalah untuk bersepeda dengan jarak yang tidak terlalu jauh, seperti 1km, 2 km dan seterusnya agar badan kamu bisa menyesuaikan dengan ritme selama bulan puasa. Sama seperti jogging, kamu sebaiknya melakukan kegiatan ini beberapa jam sebelum berbuka puasa.

5. Angkat Beban

Angkat beban

 

Sebenarnya ketika di bulan Ramadan, sebaiknya dianjurkan untuk berolahraga untuk membentuk otot dan badan dibandingkan cardio. Namun, sama seperti olahraga sebelumnya, kamu jangan terlalu memaksa badan kamu untuk mengangkat beban seperti biasanya karena asupan makanan dan cairan yang masuk lebih sedikit daripada bulan-bulan biasanya. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga ini adalah sebelum sahur dan beberapa jam sebelum berbuka puasa.


Nah, itu dia olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa menjadi pilihan kamu selama bulan Ramadan, ladies. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan ya!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini