Kawaii Beauty Japan

Hair

Rahasia Merawat Rambut yang Sering Dilupakan Banyak Wanita

Sudahkah kamu membersihkan catokan kamu?

Ayu Dewi Handayani

Banyak cara untuk merawat rambut kamu agar bisa selalu tampak cantik dan sehat. Kamu bisa melakukan perawatan tersebut di salon maupun di rumah ataupun menggunakan produk-produk yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Jika kamu hobi melakukan styling rambut, perawatan rambut sangat penting untuk dilakukan agar rambut tidak kusam dan rusak.

Nah, tahukah kamu bahwa salah satu cara untuk melakukan perawatan rambut tidak hanya dari produk-produk perawatan saja lho, tapi juga perawatan alat styling rambut kamu yaitucatokan juga bisa menentukan kesehatan rambut kamu. Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Yuk, simak!

4 Cara Membersihkan Catokan yang Perlu Kamu Lakukan untuk Merawat Rambut

Coba mulai sekarang bersihkan catokan rambut kamu dengan cara ini ya, ladies!

1. Panaskan Catokan Kamu

catokan

Cobalah mulai dengan memanaskan catokan kamu dalam level yang terendah. Cara ini sangat penting, karena ketika besinya sudah mulai panas, maka produk-produk yang menempel akan mudah terlepas. Ketika mulai menghangat, cabut colokan catokan kamu.

2. Gunakan Peralatan yang Tepat

Kapas

Selagi memanaskan catokan kamu, cobalah untuk mengambil handuk yang halus, air hangat, dan alkohol. Jika kamu tidak mau handuk kamu kotor, kamu juga bisa menggunakan kapas ataupun cotton bud untuk membersihkan catokan kamu.

3. Berhati-Hati

Hair straightener

Pastikan colokan catokan kamu sudah tidak lagi menempel pada soket listrik. Jangan sampai tangan kamu malah terbakar karena terkena panasnya catokan. Coba bersihkan bagian plates dengan menggunakan handuk ataupun kapas yang telah dicelupkan pada alkohol. Pastikan kamu tidak menggosoknya dengan kasar agar catokan kamu tidak rusak.

4. Lakukan Satu Kali dalam Satu Bulan

Hair straighener

Semakin banyak produk rambut yang menempel pada catokan kamu, maka catokan kamu akan menjadi semakin lama untuk panas. Jika kamu menggunakan catokan kamu dalam frekuensi yang tinggi, ada baiknya jika kamu membersihkan catokan kamu sesering mungkin, setidaknya selama satu kali dalam satu hari. Jika tidak dibersihkan, rambut kamu malah akan menjadi bercabang dan mudah rontok lho.

5. Cabut dari Soket Listrik

Colokan

Ketika tidak digunakan, selalu cabut steker dari soket listrik karena listrik akan masih mengalir pada catokan kamu. Tidak hanya menambah tagihan kamu, namun hal ini juga bisa merusak catokan kamu. Apalagi ketika menyimpannya dalam kondisi kabel yang tertekuk. Jadi, sehabis menggunakannya selalu cabut steker dari aliran listrik ya.

Nah, itu dia rahasia merawat rambut yang perlu kamu lakukan secara rutin agar rambut kamu selalu sehat, ladies.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait