Kawaii Beauty Japan

Hair

7 Alasan Kenapa Rambut Kamu Tidak Cepat Panjang

Kamu merasa rambut kamu lama sekali untuk panjang?

Ayu Dewi Handayani

Kebanyakan wanita menginginkan rambut panjang karena akan terlihat lebih feminin dan cantik. Selain itu, memiliki rambut panjang juga membuat rambut menjadi lebih mudah untuk di styling, seperti membuat sanggulan, kepang, dan lain-lain. Rambut yang panjang memang nampaknya memiliki banyak keuntungan, namun tahukah kamu bahwa memiliki rambut panjang menimbulkan banyak permasalahan? Rambut rontok, bercabang, maupun kusut seringkali dikeluhkan oleh wanita yang memiliki rambut panjang.

Bagi kamu yang kesulitan untuk memiliki rambut panjang dan bertanya-tanya kenapa rambut kamu sulit panjang, rupanya ini lho alasanya.

7 Alasan Kenapa Rambut Kamu Tidak Cepat Panjang

Ternyata bukan hanya hanya salah produk perawatan rambut lho, ladies!

1. Faktor Genetik

Faktor genetik

Sadar atau tidak, masing-masing orang memiliki siklus pertumbuhan rambutnya tersendiri untuk mencapai rambut terpanjangnya. Ini adalah panjang maksimal sebuah rambut bisa tumbuh tanpa dipotong sama sekali. Ini bukan berarti rambut kamu berhenti tumbuh, namun untuk tumbuh membutuhkan waktu yang lebih lama. Pertumbuhan ini ditentukan oleh genetika dan bertahan sampai 2-6 tahun.

2. Umur

Rambut bob

Seiring bertambahnya umur, semakin kita tua besar kemungkinan rambut juga ikut menjadi lemah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr James C Marotta, bedah plastik dan spesialis penumbuh rambut dari Amerika Serikat bahwa faktor biologis rambut dapat berubah dan pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat. Ini berarti rambut lebih cepat rontok, sehingga membuat rambut tambah tipis dan pendek. Produksi minyak pada julit kepala mulai menurun di usia 45 tahun, rambut menjadi lebih kering sehingga tampak lebih kusam dan tipis.

3. Kerusakan pada Rambut

Rambut rusak

Rambut kamu bisa tampak seperti tidak bertumbuh, padahal nyatanya, bisa saja rambut kamu sedang rusak ketika bertumbuh. Keramas, sisiran, styling rambut dan memutihkan rambut bisa membuat rambut menjadi bercabang dengan parah dan rusak. Merawat rambut dengan kasar, memakai ikat rambut yang terlalu kencang, dan menyisir rambut terlalu sering bisa membuat rambut menjadi kehilangan elastisitasnya dan mudah rusak.

4. Penyakit

Dandruff

Ketika rambut kamu terasa berhenti untuk tumbuh, kamu sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengecek adanya alergi, dermatitis, masalah pada hormon atau penyakit lainnya. Hal yang paling sering terjadi pada wanita yang rambutnya sudah mulai tipis adalah kebotakan dini pada wanta yang disebabkan karena faktor genetik dan faktor hormon sehingga rambut tumbuh menjadi lebih lama dan lebh kering sehingga rambut terasa kusam.

5. Diet

Diet

Diet dan kekurangan vitramin bisa menjadi masalah serius bagi sulit tumbuhnya rambut. Zinc, zat besi, dan vitamin B12 sangat penting untuk rambut agar rambut bisa tetap tumbuh panjang dan kuat. Jika kamu kekurangan vitamin-vitamin ini sangat mungkin rambut kamu menjadi sulit untuk tumbuh, menjadi kusam, dan rapuh.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait